Pentingnya Kesehatan Mental dan Kesadaran Penggunaan Medsos bagi Remaja

Teks foto: Seminar Kesehatan Mental bagi remaja di Kabupaten HSU. (diskominfosandi)

Amuntai,kalselpos.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) bersama Forum Literasi Mahasiswa Agung (FORSIMA) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar seminar kesehatan mental.

Seminar mengambil fokus topik untuk menyadarkan remaja pentingnya kesehatan mental dan kesadaran dalam menggunakan media sosial yang dilaksanakan di aula DP3A HSU, Minggu (03/12) lalu.

Bacaan Lainnya

Seminar kesehatan mental mengusung tema ‘Remaja Siap Mental Anti Pergaulan Bebas’ tersebut diikuti kurang lebih 70 peserta, terdiri dari pelajar SLTA, Mahasiswa di HSU, dan umum.

Kesempatan itu, hadir sebagai pemateri Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari.

Almien apresiasi atas diselenggarakan seminar tersebut. Umumnya, dirinya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut dengan baik oleh FORSIMA. Dimana kegiatan tersebut memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola pemikiran dan juga psikologi bagi para remaja.

“Sebagai Ketua DPRD, saya mampu berbagi atau telah memberikan sedikit gambaran, tentang masa remaja untuk teman-teman peserta seminar kesehatan mental,” katanya.

Menurutnya, adanya seminar ini, para peserta khususnya pelajar SLTA dan Mahasiswa bisa lebih menyadari dan juga lebih menggali tentang potensi dirinya.

Ia berharap, peserta dapat menggali potensi diri, bagaimana cara memilih teman, cara bergaul yang baik dan berperilaku yang baik.

“Dengan begitu, psikologi dan kejiwaan mereka bisa dikelola sendiri dan dibantu oleh lingkungan sekitar mereka, sehingga, mereka perlu diberikan bimbingan dan juga arahan untuk cara memilih lingkungan yang baik mulai dari sekarang hingga ke masa yang akan datang,” pungkasnya.

Ketua Umum FORSIMA, Ahmad Aini mengatakan, seminar sebagai langkah untuk menambah wawasan tentang aspek kesehatan mental. Aspek kesehatan mental yang dimaksud, yaitu keseimbangan emosional untuk mengelola emosi secara sehat agar tidak membuang perasaan-perasaan yang negatif.

“Peserta juga dapat mengembangkan ketangguhan mental dan mencegah stress supaya kesehatan mental kita berjalan dengan baik. Kemudian menjaga hubungan sosial yang sehat. Dan yang terakhir adalah kesadaran diri,” ucapnya.

Selain Ketua DPRD, materi juga disampaikan dari Polres HSU Konselor Puspaga Agung Berseri Kabupaten HSU.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait