Polresta Banjarmasin Gelar Deklarasi Pemilu Damai di Tiga Kecamatan Sekaligus

Teks foto : Deklarasi Damai Pemilu Serentak 2024 (Hafidz)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dalam upaya menjaga suasana politik yang kondusif dan aman menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024, Polresta Banjarmasin menggelar kegiatan Deklarasi Damai di tiga Kecamatan sekaligus, Selasa (10/10) kemarin.

Dimulai dari Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan, lalu bergeser ke Kecamatan Banjarmasin Tengah, dan terakhir Banjarmasin Barat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dihadiri para Forkopimda kota Banjarmasin, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU), tokoh masyarakat, dan para perwakilan Partai Politik, di setiap kecamatan yang dilaksanakan.

Dimulai dengan pembacaan deklarasi damai bersama, lalu melakukan penandatanganan tiap perwakilan parpol.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo mengungkapkan, pentingnya melaksanakan Pemilu Serentak Tahun 2024 dengan semangat damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Ia menekankan bahwa komitmen untuk mewujudkan Pemilu damai tidak hanya sekadar wacana atau slogan, tetapi harus diimplementasikan dalam tindakan nyata.

“Deklarasi ini perlu kita sambut dengan baik dan dukungan bersama. Pemilu Damai bukanlah sekadar wacana atau slogan semata, melainkan harus diimplementasikan sebagai komitmen nyata,” ucap Kapolresta.

Selain itu, situasi Keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada tahun politik biasanya menjadi lebih kompleks. Menurutnya, tanggung jawab menjaga situasi aman dan kondusif tidak hanya terletak pada pihak TNI/Polri, melainkan juga melibatkan peran semua pihak, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, organisasi masyarakat/LSM, calon peserta Pemilu beserta pendukungnya.

“Kepada yang kalah dalam pemilu mendatang, saya meminta agar tetap legowo menerimanya,” tambah Sabana.

Sementara itu, Camat Banjarmasin Selatan, Firdaus mengatakan, dalam menyambut Pemilu 2024 mendatang, pihaknya sudah mulai melakukan beberapa persiapan salah satunya tempat penampungan logistik.

“Persiapan untuk saat ini pemilih itu sudah sampai tahap akhir, begitu juga untuk calon, selain itu terkait logistik yakni kotak suara sudah kami siapkan tempat ” kata Firdaus.

Jadi nanti kotak suara yang akan datang, akan ditampung didalam aula Kecamatan Banjarmasin Selatan. Namun sebelum dilakukan pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terpisah, Kapolsek Banjarmasin Tengah Kompol Pujie Firmansyah menyatakan ia akan melaksanakan sesuai dengan komando atas.

“Sesuai dengan perintah Kapolresta masyarakat kita itu harus berbahagia dengan adanya pesta demokrasi ini. Karena ini pesta bukan kompetisi,” tuturnya.

Pujie juga menegaskan, terkait dengan Netralitas TNI-Polri pastinya jangan diragukan lagi. Karena memang sudah tugas pihaknya untuk mewujudkan pemilu aman dan damai.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait