Sekda Kotim Minta Peran Satlinmas Dioptimalkan untuk Sukseskan Pemilu 2024

Teks foto: Sekretaris Daerah Kotim Fajrurrahman saat membuka kegiatan peningkatan sumber daya manusia (SDM) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tahun 2023 di aula Kecamatan Kota Besi, Senin (14/8/2023). (ist)

Sampit, kalselpos.com
Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Fajrurrahman meminta peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) lebih dioptimalkan untuk menyukseskan Pemilu 2024 nanti.

Pemilu 2024 ini terdiri dari Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Secara bersamaan dilaksanakan pula Pemilu Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden Indonesia 2024, dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024

Bacaan Lainnya

Selain itu, keberadaan Satlinmas juga dibutuhkan dalam membantu pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kotim.

“Untuk itu saya mendukung seluruh anggota Satlinmas dibekali pengetahuan dan kemampuan karena peran mereka sangat strategis untuk turut menyukseskan Pemilu 2024,” kata Fajrurrahman saat membuka kegiatan peningkatan sumber daya manusia (SDM) Satlinmas tahun 2023 di aula Kecamatan Kota Besi, Senin (14/8/2023).

Menurutnya, keberasaan Satlinmas sangat dibutuhkan, terlebih dalam menghadapi pemilihan kepala daerah serentak, presiden/wakil serta pemilihan pemimpin tingkat desa dan pemilu legislatif pada tahun 2024.

Kabupaten Kotim yang memiliki luas wilayah 16.000 km2. Terdiri dari 17 kecamatan, 17 kelurahan dan 168 desa dengan jumlah penduduk 411.852 jiwa.

Hal ini sangat berpotensi rawan terjadinya konflik ketika pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak dan pemilihan legislatif di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa yang dapat menganggu pesta demokrasi.

Pengalaman beberapa kali pelaksanaan
pemilihan legislatif pilpres kepala daerah, kepala desa, menjadi tolok ukur
keberhasilan dalam pengamanan, baik di tempat pemungutan suara, proses perhitungan suara, sampai pada
pendistribusian kotak suara.

“Untuk itu pemerintah daerah tidak henti-hentinya mengajak semua komponen yang ada di masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemuda, ormas, LSM, pers dan seluruh masyarakat agar selalu selalu hidup berdampingan secara damai, menciptakan situasi dan kondisi secara kondusif,” harap Fajrurrahman.

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kotim selaku ujung tombak penegakan peraturan daerah dan pembinaan petugas Satlinmas di kecamatan, kelurahan dan desa diminta selalu memberikan pembinaan secara rutin sehingga tercipta suasana damai dan kondusif di daerah.

Selain itu, peran serta camat, lurah dan kepala desa di Kabupaten Kotim sangat diharapkan membantu pemerintah dalam pembinaan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, khususnya anggota Satlinmas dengan mengalokasikan anggaran di dokumen pelaksanaan anggaran kecamatan dan dokumen pelaksanaan anggaran di desa.

Fajrurrahman berharap kepada para peserta berpartisipasi aktif untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban
dalam masyarakat, kesiapsiagaan serta antisipasi terhadap daerah-daerah yang rawan tindak kejahatan rawan terhadap bencana.

“Terus tingkatkan koordinasi, konsultasi, dan dapat bekerja sama dalam memberikan perlindungan
terhadap masyarakat yang ada di tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa,” pungkas Fajrurrahman.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait