Jamaah Haji Kabupaten Kotabaru tiba di Tanah air

Teks: Prosesi penyambutan jamaah haji kloter 14 saat tiba di asrama haji Banjarbaru.

KOTABARU, kalselpos.com – Jamaah haji asal Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah tergabung dalam kloter 14 tiba di Asrama Haji Banjarbaru Embarkasi Banjarmasin, Sabtu (29/07/2023).

Jumlah di kloter 14 sebanyak 328 orang terdiri dari 233 orang jamaah asal Kotabaru dan satu orang meninggal dunia atas nama Jusup Tagap, sedangkan jamaah asal Kabupaten Hulu Sungai berjumlah 90 orang juga satu orang meninggal dunia atas nama Siti Fatimah Fadlam ditambah 5 orang petugas haji.

Bacaan Lainnya

Jamaah haji yang tergabung dalam kloter 14 berangkat dari Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah (28/7/2023) dengan nomor penerbangan GIA 8214 menuju Bandara Syamsuddin Noor Pukul 13.40 Was (waktu arab saudi) tiba di Banjarmasin Pukul 7.20 Wita (29/7/2023) dan menuju asrama haji Banjarbaru.

Prosesi penyambutan jamaah haji kloter 14 yang tiba di asrama haji Banjarbaru mengikuti berbagai tahapan dan pengecekan kesehatan serta di jamu dengan makanan khas Banjar yaitu, Soto Banjar di Gedung Jabal Rahmah dan setelah itu baru diadakan acara seremonial di Aula Jeddah penyerahan jamaah haji dari PPIH Embarkasi ke PPIH daerah untuk dipulangkan menuju daerah asal masing-masing.

Sedangkan jamaah haji Kotabaru bertolak dari asrama haji Banjarbaru sekitar Pukul 10.00 pagi dengan rute makan siang di Mesjid Al-Kautsar Sekapuk Kecamatan Satui Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu menggunakan bus yang disediakan panitia.

Dikesempatan itu Sekretaris Daerah Kotabaru Drs.H Said Akhmad Assegaf, MM mengucapkan, selamat datang pada jamaah haji Kotabaru semoga menjadi haji mabrur.

“Atas nama Pemerintah Daerah kami mengucapkan terimakasih kepada panitia dan rombongan haji yang sudah sampaikan selamat dalam keadaan sehat walafiat
dan mudah-mudahan menjadi haji yang mabrur serta membawa keberkahan bagi Kabupaten Kotabaru,” ujar Sekda.

Hal senada juga disampaikan oleh
Kepala Kantor Kementrian Agama Kotabaru Dr.H.Akhmad Kamal,S,H.I,M.Ag, terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kotabaru yang sudah memfasilitasi penyelenggaraan haji tahun 2023 dan berharap para jamaah haji dapat menjaga kemabruran haji mereka.

“Kita berharap mudah-mudahan semua doa dikabulkan dan menjadi haji yang mabrur dan para jamaah agar selalu menjaga kemabruran hajinya setelah datang ini dan dapat membawa kebaikan serta keberkahan bagi masyarakat, warga dan daerah kita Kotabaru tercinta,” ucapnya.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, Bupati Kotabaru dan seluruh panitia haji daerah yang sudah memfasilitasi, mendampingi dan mensukseskan keberangkatan penyelengaraan haji tahun ini,” ungkap Kamal sebutan Ka.Kankemenag ini.

“Kepada seluruh para jama’ah haji Kotabaru, untuk tas koper bagasi silahkan ambil di Kantor Kementrian Agama Kotabaru mulai besok (30/7/2023),” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) Kotabaru Yudhistira Wicaksono Herlambang juga mengatakan, mudah-mudahan para jamaah menjadi haji yang mabrur dan berharap tahun depan bisa maksimal lagi memberikan pelayanan kepada para jamaah haji.

“Alhamdulillah kami selaku Bank penerima setoran haji bersama Sekretaris Daerah dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kotabaru menyambut kedatangan para jamaah haji Kotabaru dalam keadaan sehat dan mudah-mudahan tahun depan kita bisa lebih maksimal lagi untuk melayani para jama’ah haji khususnya wilayah Kotabaru,” imbuhnya.

Untuk diketahui bahwa kepulangan rombongan jamaah haji ke Kotabaru menggunakan empat buah bus dengan membawa jamaah haji 89 orang dengan pengawalan dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Polres Ambulance dan Panitia Haji Daerah Kotabaru.

Tahun ini seluruh para jamaah haji juga mendapatkan sertifikat Haji dari Kemenag RI dan Pemerintah Arab Saudi yang sebelumnya hanya mendapatkan sertifikat dari Garuda Indonesia.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait