Persagi Kampanye Hidup Sehat di Sekolah

Kampanye hidup sehat di SMAN 1 Amuntai. (diskominfosandi)

Amuntai, kalselpos.com-Memperingati Hari Gizi Nasional, Pengurus Daerah Persatuan Ahli Gizi Nasional (Persagi) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kampanyekan gizi seimbang bagi masyarakat,melalui kegiatan gizi Goes to School.

 

Bacaan Lainnya

Kerjasama Dinas Kesehatan HSU dan Persagi HSU menggelar serangkaian acara untuk mengedukasi dan melakukan kampanye gizi di SMAN 1 Amuntai, belum lama tadi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU, Hermani Johan mengatakan, pengetahuan pemenuhan gizi dan nutrisi seimbang sangat diperlukan dalam panduan gizi sehat seimbang bernama ‘Isi Piringku’.

Pembahasan protein hewani layaknya susu, aneka ikan, telur, dan daging-dagingan menjadi pokok utama sebagai langkah penurunan risiko stunting atau kekurangan gizi kronis.

“Konsumsi pangan berasal dari protein hewani, lebih dari satu jenis, itu lebih menguntungkan daripada konsumsi pangan berasal dari hewan tumbuhan,” ucapnya.

Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia pada tahun 2019. Indonesia menunjukkan konsumsi pangan telur, susu, daging dan lainnya termasuk yang terendah.

Lebih lanjut, Hermani mengutarakan, stunting adalah permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam rentang yang cukup waktu lama, umumnya hal ini karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Ini ditandai dengan seperti pertumbuhan terhambat dan perkembangan otak yang tidak maksimal.

“Sejak tahun 2018 Kabupaten HSU termasuk 100 kabupaten lokasi khusus (Lokus) penanganan pencegahan stunting,” pungkasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait