Ribuan KTP-El Tidak Terpakai dan Invalid Dimusnahkan

Kepala Disdukcapil HSU (kanan) Tony Fitriadi musnahkan KTP-El dan Suket. (ist)-Ribuan KTP-El Tidak Terpakai dan Invalid Dimusnahkan

Amuntai, Kalselpos.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan pemusnahan KTP Elektronik dan Suket.

 

Bacaan Lainnya

Pemusnahan KTP-El dan Suket yang invalid, tidak terpakai dan rusak ini dilakukan di halaman kantor Disdukcapil Kabupaten HSU, oleh  Kadis Dukcapil setempat dengan cara dibakar, Selasa (31/01).

 

Kadis Dukcapil Kabupaten HSU Tony Fitriady, SSTP, MSi mengatakan, jumlah KTP El yang dimusnahkan sebanyak 2.239 keping dan Suket 657 lembar. “Jumlah ini dari terkumpul sejak 15 September 2022 sampai 09 Januari 2023 tadi,” katanya.

 

Pemusnahan ini menjadi yang pertama di awal tahun 2023. Namun, sebelumnya di tahun 2022 tadi, pihak dinas telah beberapa kali melakukan pemusnahan KTP El dan juga Suket.

 

Pemusnahan memang dilakukan sesuai kebutuhan, yang mana apabila memungkinkan akan dilakukan Pemusnahan, akan dimusnahkan sesuai aturan.

 

“Dipastikan usai dimusnahkan, tidak ada lagi sia dari KTP atau Suket bekas, artinya sudah nol. Kemudian, kita buat berita acara pemusnahannya,” terang Tony.

 

Selama ini, sebelum dilakukan Pemusnahan, KTP dan Suket disimpan di ruangan khusus di Disdukcapil. Pemusnahan juga bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan.

 

“Memang harus dimusnahkan, karena untuk mengantisipasi dan mencegah penyalahgunaan,” tuntasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

 

Pos terkait