Sasirangan Jadi Oleh-oleh Peserta MTQ Nasional ke-29

Sasirangan - Kain batik khas Banjar Kalimantan Selatan. (ist)Tim kalselpos.com/ kalselpos

Banjarmasin, kalselpos.com – Sasirangan kain batik khas Banjar menjadi salah satu sasaran pengunjung dan peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29 Tahun 2022 di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Terpantau, Selasa (18/10) di Banjarmasin, sejumlah pengunjung atau penggembira MTQ Nasional ke-29 dari beberapa provinsi di Indonesia sudah membeli Sasirangan untuk oleh-oleh ke daerah asal masing-masing.

Bacaan Lainnya

Sementara sebagian peserta MTQ beserta pendamping/official masih konsentrasi menghadapi lomba, kecuali bagi mereka yang sudah selesai sesuai jadwal perlombaan, 13 – 17 Oktober 2022.

Tamu-tamu dari berbagai provinsi di Indonesia itu ada di antaranya khusus datang ke “Kampung Sasirangan” atau Seberang Masjid dan Jalan Pahlawan Banjarmasin.

Namun perajin kain batik khas Banjar tersebut tidak cuma Kampung Sasirangan, tetapi juga pada tempat lain seantero Kota Banjarmasin, bahkan semua kabupaten/kota se-Kalsel dengan ciri tersendiri lagi.

Produk Sasirangan atau sejenis kain celup Yogyakarta itu cukup beragam corak dan bentuk serta kualitas seperti ada terbuat dari bahan sutera serta katon bisa.

Begitu pula harga cukup bervariasi tergantung kualitas dan bentuk produk mulai dari belasan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah seperti jenis kain sutera untuk bikin baju per potong lebih kurang Rp300 ribu.

Sedangkan jenis kain biasa dengan motif yang sama atau tak jauh beda harga per potong untuk bikin baju laki-laki lebih kurang Rp150.000.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait