Jalan darurat Persis di samping Longsoran di Km 171 Satui, rawan Longsor susulan

JALAN DARURAT -Jalan darurat di Km 171 Satui yang terpaksa digunakan warga sekitar untuk berlalu lintas, meski jalan tersebut juga berpotensi longsor. (Foto diambil pada Senin, 17 September 2022 sekitar pukul 07.00 Wita pagi)./s.a lingga/ kalselpos

Batulicin, kalselpos.com – “Ih, geri,!. Begitu lah pemandangan yang terucap saat kalselpos.com berada di lokasi longsor, persis di jalan Trans Kalsel, Desa Satui Barat, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Senin (17/10/22) pagi.

PAPAN PENGUMUMAN – Papan pengumuman yang memuat rekomendasi Bupati Tanbu termasuk gambar rencana pekerjaaan penimbunan sekaligus penguatan lereng badan jalan Km 171, yang di dalamnya menyebutkan nama PT Arutmin Indonesia, Eks IUP PT Autum Bara Energi serta PT Mitrajaya Abadi Bersama./s.a lingga/ kalselpos

Maklum, saat itu hujan gerimis di Satui baru saja reda, jadi jalan darurat sangat licin dan pengendara rawan tergelincir.
Pastinya, lokasi samping longsor, hingga pagi ini, tetap digunakan warga setempat, untuk beraktivitas, utamanya oleh para pengendara roda dua, termasuk oleh para pelajar yang akan menuju lokasi bersekolah.

Bacaan Lainnya

Padahal, di lokasi longsor tetap berpotensi terjadi longsor susulan, lantaran di
rumah – rumah penduduk yabg berada di dekat lokasi longsor, terjadi retakan lantai keramik serta bangunan.

Pastinya, di dinding seng yang persis berada di samping lokasi longsor, ada papan pengumuman yang memuat gambar rencana pekerjaaan penimbunan sekaligus penguatan lereng badan jalan Km 171, yang di dalamnya menyebutkan titik jalan amblas dan area longsoran, sekaligus menyebutkan nama PT Arutmin Indonesia, Eks IUP PT Autum Bara Energi serta PT Mitrajaya Abadi Bersama.

Di samping kiri papan pengumuman, terdapat rekomendasi Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar kepada pimpunan PT Mitrajaya Abadi Bersama, tertanggal 19 September 2022, untuk membantu penanganan darurat pencegahan potensi longsor, sekaligus melakukan penguatan lereng dengan peninbunan dan pemadatan, di lintas kabupaten dan lintas provinsi tersebut.

Salah seorang relawan dari
Ormas LBDH Sungai Danau, bernama Subli alias Usuf Tasbih, yang ditemui kalselpos.com di lapangan, mengaku terus membantu warga yang berlalu lintas di samping lokasi longsor.

“Selain jalan daruratnya licin, lokasinya juga rawan longsor susulan, lantaran sama sekali belum ada penyangga,” ungkapnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait