Disbunnak Batola Salurkan 23 Ekor Bantuan Sapi kepada Kelompok Ternak

Kabid Produksi Peternakan, Disbunnak Batola, Eko Hariyanto, S.PT saat di konfirmasi di ruang kerjanya.(mul)(kalselpos.com)

Marabahan,kalselpos.com- Untuk meningkatkan ekonomi dan meningkatkan populasi peternakan, Pemkab Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Batola menyalurkan bantuan sapi di tahun 2022 ini sebanyak 23 ekor kepada para kelompok ternak.

“Tahun 2022 ini sebanyak 23 ekor sapi untuk penggemukan disalurkan kepada kelompok ternak,” ujar Kepala Disbunnak Batola, H. Suwartono Susanto, SP.MS melalui Kabid Produksi Peternakan, Eko Hariyanto, S.PT, kemarin.

Bacaan Lainnya

Jumlah tersebut diserahkan ke wilayah Kecamatan Wanaraya, yakni di Desa Kolam Kiri 18 ekor dan Desa Sidomulyo 5 ekor.

Selain sapi, Disbunnak juga salurkan kambing di Desa Pati Selera, Kecamatan Belawang
sebanyak 10 ekor, 9 betina dan 1 ekor jantan.

Kendati belum seluruhnya para kelompok peternak menerima bantuan sapi, tapi secara perlahan Pemkab Batola melalui Disbunnak merealisasikan bantuan sapi kepada para kelompok ternak.

Selain sapi dan kambing, Eko juga menyampaikan, bantuan ayam buras sebanyak 250 ekor di Desa Rangga Surya 100 ekor dan 50 ekor di Desa Sepakat Bersama, Kecamatan Anjir Muara.

Sedangkan 100 ekornya untuk pendampingan bedah rumah sehat ala TP-PKK Batola.

Sementara untuk bantuan ternak bebek akan dianggarkan lewat APBD Perubahan Pemkab Batola.

Eko menyarankan, untuk pakan bebek hendaknya peternak memanfaatkan pakan lokal, diantaranya banyak tersedia batang pohon paya atau rumbia, gondang, keong yang dijadikan tepung sebagai pakan alternatif.

Pasalnya, pakan yang sering digunakan saat ini relatif mahal harganya sudah mencapai Rp 400 ribu per karungnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait