Perwakilan BI Kalimantan Selatan Survey Sentra Cabai Hiyung

Perwakilan BI Kalsel bersama Kelompok Tani Usaha Bersama Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah saat meninjau lokasi pembangunan qutlet cabai hiyung.(Dillah)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan survey lokasi potensi tanaman cabai rawit hiyung yang di kembangkan di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. Selasa (21/6) .

Kedatangan Rombongan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan disambut oleh Ketua Kelompok Tani Usaha Bersama Junaidi dan Perwakilan Dinas Pertanian Kab Tapin dan para Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Tapin serta parta petani cabai hiyung.

Bacaan Lainnya

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Imam Subarkah mengatakan, kedatangan kami ini untuk melihat secara langsung perkembangan cabai hiyung Kabupaten Tapin yang dikenal terpedas yakni 17 kali lipat pedasnya dari cabai biasa.

 

“Dari sana kita ingin melihat cabai hiyung, untuk potensi dari segi ekonominya untuk bisa ditingkatkan produksinya kemudian dalam membudidayakan tanaman cabai hiyung dilahannya seperti apa, “ ujarnya.

Jadi kalau dalam peningkatan produksinya dan perluasan lahannya terkendala, Perwakilan Bank Indonesia Prov Kalsel nantinya bisa mensupport untuk untuk mendukung budidaya cabai rawit hiyung kedepannya.

Di samping itu pula untuk melihat lokasi pembangunan galery cabai hiyung sesuai dengan permohonan dari kelompok tani usaha bersama Desa Hiyung Kec Tapin Tengah. Kita sudah melihat langsung lokasinya dan berada di pinggir jalan provinsi lintas antar Kabupaten di Kalimantan Selatan.
“Bangun sebuah gallery cabai hiyung tentunya sangat bagus, karena berada di jalan lintas provinsi, hal ini bisa dijadikan pusat oleh-oleh untuk warga yang melintas sehingga mudah untuk membelinya, “ ujarnya.

Sementara Ketua Kelompok Tani Usaha Bersama Junaidi mengatakan, kaget dengan kedatangan dari Perwakilan BI Prov Kalsel ke sentra Cabai Hiyung, karena baru kemarin di kabari tanpa persiapan.

“Dengan kedatangan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Prov Kalsel ini pertanda kabar baik yakni mendukung kegiatan usaha cabai hiyung, “ ucapnya.

Memang kata dia bahwa untuk pembangunan qutlet cabai hiyung ada mengajukan permohonan kepada Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan yang nantinya digunakan khusus menempatkan produk-produk cabai hiyung yang sudah dihasilkan baik yang masih dalam bentuk tanaman bibit dan abon cabai dan sambal.

“Alhamdulillah di respon dengan baik oleh Perwakilan Bank Indonesia Prov Kalsel dan mereka menanyakan kapan maunya akan dibangunkan, “ ujarnya.

Selanjutnya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov Kalimantan Selatan Imam Subarkah bersama Ketua Kelompok Tani Usaha Bersama Junaidi dan Dinas Pertanian Tapin meninjau lokasi yang akan di jadikan qutlet cabai hiyug yang tidak jauh dari tempat pembuatan produksi cabai hiyung.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait