“Disurati” Komnas HAM RI, Pemko Banjarmasin tunda Pembongkaran Pasar Batuah

Warga Pasar Batuah nampak menunjukkan rasa haru, setelah ditundanya proses eksekusi dan pembongkaran bangunan di kawasan tersebut.Muhammad Fudail (kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Upaya penertiban Pasar Batuah oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin dengan menurunkan ratusan petugas gabungan TNI, Polri dan Satpol PP, Sabtu (18/06/22) tidak berjalan mulus.

Bahkan disaat alotnya penertiban lokasi pasar yang bediri di Kawasan Jalan Veteran Banjarmasin Timur tersebut, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina sempat menggelar rapat tertutup bersama jajaran dan pihak terkait.

Bacaan Lainnya

Tak lama berselang, pihak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI, juga langsung menyurati Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, terkait rancana revitalisasi Pasar Batuah itu.

Ada sejumlah hal yang ditekankan Komnas HAM RI, dalam suratnya bernomor 414/K/MD.00.00/VI/2022, itu.

Pertama, menunda rencana penggusuran dan tindakan yang dapat menimbulkan
konflik fisik. Sampai dengan dicapainya solusi bersama yang dapat diterima oleh kedua belah pihak, hingga tercapai solusi bersama.

Kedua melakukan pendekatan dan komunikasi persuasif kepada warga agar tercipta situasi yang kondusif.

Dan ketiga mencegah dan menghindari potensi eskalasi konflik dengan cara mengedepankan perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia.

Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Banjarmasin, Ikhsan Budiman mengatakan, ada beberapa pertimbangan saat negosiasi serta kondisi di lapangan.

“Kita menunda proses ini dan menunggu sampai ada mediasi dari Komnas HAM,” ujar Ikhsan Budiman, kepada wartawan.

Ikhsan berharap saat proses mediasi yang dilakukan Komnas HAM nanti, warga bisa menerima dan menghargai apapun hasil dari mediasi tersebut.

“Nanti tunggu saja, akan ada info lebih lanjut, personil ditarik,” tegasnya.

Sementara itu, Adnan warga setempat, mengaku sangat senang dengan adanya surat Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI menyurati Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, terkait ditundanya pembongkaran tersebut.

“Penundaan pembongkaran ini tentunya menjadi kebahagiaan tersindiri bagi warga Pasar Batuah,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.