Seragam Sekolah BB Ditebus Pihak Sekolah

Dirmansyah selaku Lurah Kasongan Lama didampingi, Bhabinkamtibmas dan Babinsa ketika berkunjung ke tempat itu.(deny)(kalselpos.com

Katingan, kalselpos.com – BB (17) akhirnya bisa bersekolah dengan tenang. Ia sebelumnya sempat berniat berhenti dari sebuah SMK di Kasongan karena belum bisa menebus baju seragam senilai Rp700 ribu.

Difasilitasi Kepala Sekolah, BB mendapat baju seragam dan uang sekolah gratis dengan beberapa ketentuan yang diatur pihak sekolah.

Bacaan Lainnya

Setelah peristiwa itu, orang tuanya banyak menuai simpati dari masyarakat yang secara langsung memberi bantuan, salah satunya dari Kapolres Katingan, AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, S.H., S.I.K., M.I.K. Secara senyap Kapolres melalui personil melakukan pendataan hingga tiga kali kunjungan dan memberi donasi berupa uang tunai dan sembako.

“Kemarin ada Kapolres lewat anak buahnya mampir untuk menyampaikan bantuan. Alhamdulilah apa yang diberikan sangat berguna. Terima kasih Pak Kapolres,” tutur Yunita Maiza (50) ibunda dari BB berkaca-kaca, Senin (4/4).

Bukan itu saja, pihak Kelurahan Kasongan Lama bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga turut berkunjung kerumah BB yang terletak di Jalan Tjilik Riwut kilometer 6,5 depan Rumah Makan Bahagia Kasongan.

Tujuannya mempercepat proses pengusulan bantuan seperti bantuan sosial tunai, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia pintar.

“Kami dari Kelurahan Kasongan Lama bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa mendapat informasi ada seorang siswi SMK yang terancam putus sekolah karena tak mampu beli seragam, kami ingin melihat permasalahannya seperti apa,” ujar
Dirmansyah selaku Lurah Kasongan Lama didampingi, Bhabinkamtibmas dan Babinsa ketika berkunjung ke tempat itu.

Ditambahkannya, ayah BB telah meninggal dunia sehingga pihaknya juga mengupayakan memasukannya ke dalam sistem data terpadu kesejahteraan sosial.

“Harapannya agar bisa mendapat bantuan sosial baik dari Program Pemerintah Daerah maupun Pusat,” sebutnya.

Terkait pendataan terhadap keluarga prasejahtera yang tak terakomodir, Dirmasnyah mengakui kelemahan pemutakhiran data dari RT.

Hal itu bisa disebabkan calon penerima bantuan sosial pindah alamat sehingga menyulitkan saat pendataan. Untuk itu dia meminta semua Ketua RT proaktif melakukan pemuktahiran data termasuk masyarakat calon penerima bantuan sosial.

“Ibu Yunita Maiza ini memang layak mendapat bantuan sosial, kita berupaya mengusulkan. Untuk semua ketua RT saya minta jangan tinggal diam dan harus proaktif guna melakukan pendataan dan pengusulan untuk warga yang memang layak menerima,” himbaunya.

 

Sementara itu BB ternyata sempat aktif dalam olahraga bela diri Taekwando di Kasongan. Di tahun 2017 dirinya sempat menyabet juara satu dalam Pekan Olahraga Provinsi.

Ada lima medali yang diperolehnya selama mengikuti berbagai even ditingkat Kabupaten maupun Provinsi.

Salah satunya piagam juara satu yang ditandatangani oleh Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran. Namun, sejak ayahndanya berpulang BB sudah tidak aktif lagi. Alasannya karena ketiadaan dana guna membayar biaya berlatih dan membeli seragam untuk mengikuti berbagai lomba.

“Baru-baru ini pelatihnya sempat mengajak mengikuti sebuah even di Kasongan, tapi ketiadaan dana, anak saya batal mengikuti kejuaraan itu,” jelas sang ibunda.

Ketika Media berkunjung, BB masih bersekolah dan sang ibunda menjelaskan BB menjadi anak angkat kepala sekolah dan ikut bersamanya.

“Syukurlah dan tidak ada lagi kata yang bisa saya ucapkan selain terima kasih,” tuturnya.

Semenjak viral, Yunita Maiza mengaku mendapat cibiran dari beberapa pihak yang menyebut dirinya berpura-pura miskin. Terkadang ia sering mendengar bisik-bisik warga yang mengatakan dirinya hanya memanfaatkan keadaan.

“Bapak bisa lihat sendiri kondisi kami saat ini. Mereka bilang ada punya tanah di pinggir jalan besar. Betul memang ada dan itu peninggalan almarhum suami yang ketika itu mendapat hadiah dari orang tuanya Agus Effendi dengan ukuran 10 x15 meter. Itupun tanahnya tergadai di Bank dan menunggak di Bank selama enam bulan,” bebernya dengan wajah sedih.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait