Masih ‘bermasalah’, dua titik Jalan menuju Bandara Syamsuddin Noor tak kunjung Mulus

Roy Rizali Anwar(anas aliando(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com– Sampai saat ini, pengaspalan dua titik jalan lingkar menuju Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, belum bisa dikerjakan, lantaran masih terkendala ganti rugi lahan.

Padahal jalan tersebut merupakan akses  penting bagi masyarakat yang mau ke bandara, terkhusus dari Banjarmasin, Banjarbaru dan Barito Kuala.

Bacaan Lainnya

Secara khusus kepada kalselpos.com, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar mengungkapkan, sampai saat ini proses ganti rugi lahan tersebut masih bermasalah.

“Lahan itu masih bermasalah. Kemarin di Pengadilan Negeri kita (Pemprov Kalsel) menang, tapi yang bersangkutan (pemilik lahan) melakukan upaya Banding. Ini masih berproses, jadi kita tidak bisa pelaksanaan karena masih bersengketa masalah ganti rugi lahannya,” ujarnya, Rabu (8/12/2021) malam.

Dua titik jalan yang belum “dimuluskan” itu masing – masing sepanjang kurang lebih 50 dan 100 meter. Lokasi pertama berjarak kurang lebih 2 Km dari pertigaan SPBU Kota Citra Graha menuju bandara.

Satu lagi kurang lebih 1 Km dari pertigaan Jalan Golf arah ke Kota Banjarbaru.

Roy mengungkapkan, ternyata bukan hanya jalan lingkar bandara yang masih menyisakan masalah, proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan baru atau jalan alternatif menuju Bandara Syamsuddin Noor dari Jalan Ahmad Yani Km 28 atau kawasan  Pulau Beruang menuju ke akses jalan lingkar bandara, juga masih belum mulus prosesnya.

 

Seiring waktu berjalan, masih ada beberapa pemilik lahan yang belum sepakat soal nilai ganti rugi yang ditawarkan Pemprov Kalsel.

“Ada beberapa yang memang tidak terima, kita titip di pengadilan atau konsinyasi,” sebutnya.

Roy berujar, dalam pembangunan jalan tersebut, tugas Pemprov Kalsel adalah untuk pembebasan lahan saja, sedangkan yang membangun adalah Balai Jalan.

“Sisa ruas yang belum kita ganti rugi rencananya kita anggarkan di tahun 2022. Kalau lahan sudah kita bebaskan, nanti Kementerian PU melalui Balai Jalan akan turun melakukan pembangunan,” demikian Roy Rizali Anwar.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait