Masjid Ramah Anak di Amuntai Diresmikan Bupati Abdul Wahid

  • Whatsapp
Konsep Masjid Ramah Anak (MRA) yang berada di Masjid Agung At-Taqwa diresmikan oleh Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK. (ist)(kalselpos.com)

Amuntai,kalselpos.com-Konsep Masjid Ramah Anak (MRA) yang berada di Masjid Agung At-Taqwa diresmikan oleh Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK.

Bacaan Lainnya

Masjid Ramah Anak ini salah satu demi mewujudkan kabupaten layak anak pada kluster IV tentang Pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya yang salah satu indikatornya adalah Masjid Ramah Anak.

Bupati HSU, H. Abdul Wahid HK menyampaikan, peresmian masjid ramah anak adalah komitmen pemerintah daerah untuk mempertahankan kabupaten HSU sebagai kabupaten layak anak sekaligus dalam rangka mewujudkan kabupaten layak anak pada klaster IV yang salah satu indikatornya adalah masjid ramah anak.

“Masjid Agung At-Taqwa sebagai masjid ramah anak dapat mendorong percepatan terwujudnya kabupaten HSU sebagai kabupaten layak anak yang lebih tinggi lagi, karena saat ini kabupaten HSU telah berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten layak anak dengan kategori Madya,” katanya.

Salah satu indikator menjadi kota layak anak, yaitu pembangunan dan pengembangan ruang bermain ramah anak (RBRA) yang terstandarisasi dan tersertifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Ia juga menambahkan pembangunan lingkungan yang ramah dan aman bagi anak-anak sangat penting agar anak-anak terus mengunjungi masjid.

Disamping fungsi masjid sebagai tempat beribadah dan menuntut ilmu, sebagai tempat pembinaan jamaah, sebagai pusat dakwah dan kebudayaan islam, pola pembinaan masjid juga harus profesional dengan proses administrasi yang rapi dan transparan.

Sehingga masyarakat dan anak-anak berpartisipasi lebih aktif didalamnya, “Masjid ramah anak disamping sebagai ruang publik untuk beribadah juga dikembangkan menjadi tempat anak-anak berkumpul melakukan kegiatan positif, inovatif, kreatif dan rekreatif yang aman dan nyaman dengan dukungan orang tua beserta lingkungannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) HSU, Hj. Gusti Iskandariah mengatakan, masjid ramah anak memiliki peran sangat penting dalam menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi mewujudkan lingkungan yang ramah anak.

Masjid ramah anak At-Taqwa ini sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan ibadah untuk laki-laki dan perempuan, sudut baca, tempat buku, sarana prasarana air bersih untuk wudhu dan cuci tangan anak, sarana bermain anak, taman pendidikan Al-Quran.

“Setelah ini, kita berharap masjid ramah anak At-Taqwa ini semakin banyak Alternatif anak untuk bermain ditempat yang terlindungi,” harapnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.