Pesawat pengangkut warga sipil Afghanistan sepertinya jadi sasaran tembakan

Saat turun dari sebuah pesawat warga Afghanistan di Bandara Italia.(ist)(kalselpos.com)

Roma,kalselpos.com – Negara Italia salah satu negara yang ingin mengevakuasi ribuan warga asing dan warga Afghanistan, karena runtuhnya pemerintahan dukungan Barat di Kabul setelah direbut kelompok pemberontak Taliban.

Berbagai sumber di Roma menyebutkan, pesawat pengangkut C-130 yang membawa hampir 100 warga sipil Afghanistan ditembaki beberapa saat setelah lepas landas dari Kabul. Namun hingga berita ini diturunkan belum ada pernyataan resmi mengenai insiden tersebut.

Bacaan Lainnya

Wartawan Italia mengatakan kepada saluran berita Sky TG 24 bahwa ia berada di dalam pesawat bersama dengan 98 warga sipil Afghanistan ketika pesawat sepertinya menjadi sasaran tembakan senapan mesin.

“Sang pilot langsung bereaksi dan melakukan manuver untuk menghindari serangan tak lama setelah lepas landas dari Kabul. Terjadi sedikit kepanikan,” katanya.

Pasukan Afghanistan melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan kerumunan di dekat bandara Kabul pada Kamis (26/8) dan bukan ke arah pesawat militer Italia yang hendak lepas landas, seperti yang dilaporkan sebelumnya.

Pernyataan itu disampaikan oleh sumber pemerintah yang mengutip penilaian intelijen.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait