Hanya 1.690 guru honorer yang memenuhi syarat menjadi P3K

  • Whatsapp
Abdul Rahim, Kabid GTK Disdik Provinsi Kalsel.(anas aliando)(kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com – Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) mengusulkan 2.734 guru honorer yang selama ini mengajar di SMA, SMK dan SLB untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) ke pemerintah pusat.

“Setelah dilakukan verifikasi oleh pusat, ternyata yang memenuhi syarat hanya 1.690. Artinya hampir separo tidak memenuhi syarat untuk diangkat menjadi P3K,” ujar Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Provinsi Kalsel, Abdul Rahim kepada kalselpos.com, Rabu (21/7/2021).

Bacaan Lainnya

Rahim mengungkapkan, guru honorer yang tidak memenuhi syarat untuk diangkat menjadi P3K karena terkendala di pendidikan yang mensyaratkan minimal D-4.

“Sesuai PP  74 tentang guru, syarat pendidikan harus S-1, minimal D-4. Ternyata banyak guru honorer  yang hanya berpendidikan SMA, kita harus mengikuti aturan itu,” ucapnya.

Dibeberkan Rahim, persyaratan lainnya yang wajib dipenuhi guru honorer adalah, masuk katagori K-2, guru honor di SMA, SMK, SLB baik di sekolah negeri maupun swasta dan telah memiliki sertifikat pendidik. “Itu syarat masuk P3K,” ujar Rahim.

Dengan demikian, tambah Rahim, kebutuhan guru di tingkat sekolah menengah atas di Kalsel masih kekurangan. “Kita masih kekurangan 2.770 guru,” tukasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.