Hidupkan ekonomi Desa, pengurus BUMDes Sungai Loban ikuti Bimtek

  • Whatsapp
Camat Sungai Loban, Rusdiansyah (tengah) memberikan sambutan saat pembukaan Bimtek BUMDes.(ist)(kalselpos.com)

Batulicin, kalselpos.com – Badan usaha milik desa (BUMDes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh pemerintahan desa dan berdaban hukum

Setiap Pemerintahan Desa bisa membuat BUMDes sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Kemudian Pembentukan BUMDes ditetapkan dengan peraturan desa.

Bacaan Lainnya

BUMDes sebagian modalnya dimiliki oleh desa, melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya digunakan sebesar-besarnya sebagai kesejahteraan masyarakat.

Pada Kamis kemarin tanggal 25 Juli 2021 Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan telah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para pengurus BUMDes di kecamatan tersebut.

Acara kegiatan dibuka langsung oleh Camat Sungai Loban, Rusdiansyah, agenda yang bertajuk peningkatan kapasitas bagi para Pengurus BUMDes dilaksanakan di Kantor Kecamatan Sungai Loban.

Kepada kalselpos.com Jumat (16/7/2021) Rusdiansyah melalui Whatsapp menjelaskan, untuk materi Bimtek meliputi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Dimana dalam UU tersebut BUMDes ditetapkan sebagai badan hukum.

Selain itu rujukannya juga tertuang pada Permen Desa PDTT 3 tahun 2021 tentang Pendaftaran, Pendataan dan Pemeringkatan, Pembinaan, Pengembangan, dan Pengadaan Barang dan/atau Jasa BUM Desa/BUM Desa Bersama.

Artinya papar Rusdiansyah, badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

Diharapkan dengan adanya Bimtek tersebut, maka kepada seluruh BUMDes di Kecamatan Sungai Loban sudah melakukan pendaftaran sesuai peraturan yang berlaku.

Begitu juga dengan Bimtek tersebut diharapkan para pengurus memahami tentang pengelolaan BUMDes, sehingga BUMDes di Kecamatan Sungai Loban bisa naik kelas dari berkembang menjadi BUMDes berstatus maju

“Adapun pada pelaksanaan acara tersebut, untuk pemateri Bimtek dari Pemerintah Kecamatan Sungai Loban, Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Kabupaten Tanbu, dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Ekonomi Desa Kabupaten Tanbu tandas Camat Sungai Loban,” tutup

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.