Petani Plasma Kelapa Sawit Gelar unjuk Rasa

UNJUK RASA -Puluhan petani plasma kelapa sawit dibawah naungan KUD Jaya Utama bermitra dengan PT. Agri Bumi Sentosa, melakukan unjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Negeri Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Senin (12/ 07).(ist)(kalselpos.com)

Marabahan, kalselpos.com – Puluhan petani plasma kelapa sawit dibawah naungan KUD Jaya Utama bermitra dengan PT. Agri Bumi Sentosa, melakukan unjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Negeri Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Aenin (12/ 07).

Bacaan Lainnya

Para Petani plasma kelapa sawit yang mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Barito Kuala tersebut berasal dari sejumlah kecamatan dari Kabupaten Barito Kuala yakni, Desa Kolam Kanan Kecamatan Wanaraya, Desa Karya Jadi Kecamatan Tabukan, Desa Antar Jaya Kecamatan Marabahan dan dari Desa Karya Baru Kecamatan Barambai.

Aksi unjuk rasa itu mereka lakukan untuk menyampaikan rasa kekecewaan mereka dengan membawa kertas berisikan tuntutan petani, serta meminta presiden Jokowi untuk menindak lanjuti permasalahan mereka.

Pada saat menyampaikan urasi rasa kekecewaan mereka terkait plasma kelapa sawit, salah seorang petani sempat menangis histeris hampir pingsan sambil berkata minta tolong pak jokowi ” kami kelaparan pak jokowi dengan mengikuti plasma kelapa sawit”.

Salah seorang petani Jarwo mengungkapkan,sudah belasan tahun lahannya di ikutkan sertakan dengan plasma kelapa sawit, namun hasilnya tidak jelas dan lahannya pun tidak terawat ungkapnya.

” Janjinya KUD cukup manis pada awalnya agar masyarakat ikut serta untul plasma kan lahan mereka, namun ternyata hasilnya tidak sesuai dengan harapan,” ungkapnya Jarwo.

Petani lainnya somar mengatakan, kedatangan ke kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Barito Kuala berharap bisa membantu petani plasma kelapa sawit agar bisa menindak lanjuti keluhan petani plasma kelapa sawit di bawah naungan KUD Jaya Utama yang bermitra dengan perusahaan perkebun kelapa sawit PT. Agri Bumi Sentosa, kata somar.

Sementara itu Kades Kolam kanan Endang Sudarajat mengatakan, dengan menyampaikan keluhan permasalahan pada pihak kejaksaan yang mana sudah belasan tahun, permasalah plasma kelapa sawit masih belum terpecahkan meskipun sudah sering dilakukalan mediasi pada semua pihak.

Sementara itu Kasi Pidsus Kejakasaan Negeri Kabupaten Barito Kuala, Hamidun Noor mengungkapkan, pihaknya akan menindak lanjuti laporan dari petani plasma kelapa sawit bersama dengan kasi pidsus.

“Sementara ini sudah mulai melakukan semua pihak baik dari petani, KUD Jaya Utama dan pihak perusahaan PT Agri Bumi Sentosa, untuk memintai keterangan pada pihak tersebut”, pungkasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait