Kelompok Tani Rasau Bakti Dusun Jambu Kerikil Sukses Kembangkan Padi Sehat

PANEN- Kelompok Tani Rasau Jambu Kerikil panen padi sehat lahan irigasi sub optimal.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– Kelompok Tani Rasau Bakti Dusun Jambu Krikil, Kelurahan Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama PT Prima Agro Tech mengembangkan demplot padi sehat di lahan irigasi sub optimal seluas 5 hektar dengan varietas mekongga.

Bacaan Lainnya

Perwakilan Kelompok Tani Rasau Jambu Kerikil, Masdari, mengatakan hasil demplot pengembangan padi sehat di lahan irigasi sup optimal seluas 5 hektar yang didukung oleh PT Prima Agro Tech hasilnya sangat maksimal dengan hasil panen 5, 1 tom per hektar.

“Alhamdulilah dengan bantuan PT Prima Agro Tech dan penyuluh pertanian lapangan Dinas Pertanian HSS, kami bisa menghasilkan beras yang sehat untuk di konsumsi, ” ujar Masdari Perwakilan Kelompok Tani Rasau Bakti Dusun Jambu Krikil, Masdari, usai panen padi sehat, Kamis (1/7).

Masdari mengucapkan Terima kasin kepada PT Prima Agro Tech dan Dinas Pertanian yang telah memberikan bimbingan selama pengembangan padi sehat. “Ke depan kami berharap pengembangan padi sehat ini diperluas lagi, sehingga petani makin banyak menghasilkan beras sehat untuk dikonsumsi, ” ujarnya,

Perwakilan PT Prima Argo Tech Kalsel, Arif Pornomo mengatakan, dalam pengembangan demplot padi sehat bagi Kelompok Tani Rasau Jambu Kerikil seluas 5 hektar pihaknya memberikan bantuan produk berupa Huma Top, Humat Pro, Decoprima, Primadeco, Metarizep, BT-Plus, dan Orizaplus.

Dikatakan Arif, pengembangan padi sehati dilakukan untuk menghilangkan ketergantungan petani yang selama ini selalu menggunakan bahan-bahan kimia dalam bertani.

Selain itu, untuk meningkatkan hasil pertanian padi yang sehat tidak mengandung bahan-bahan kimia, sehingga sehat dikonsumsi bagi masyarakat umum. “Awalnya memang petani kurang percaya, namun setelah melihat hasil panen yang maksimal mereka ingin terus menang padi dengan sistem demplot bebas residu, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor, mengatakan pengembangan demplot sesuai yang disampaikan oleh kelompok tani sangat bermanfaat, dan diharap pengembangan terus di perluas ditempat-tempat yang lain oleh PT Prima Agro Teck.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS telah mengembangkan padi sehat sejak 2019 lalu hingga sekarang di wilayah Kecamatan Kandangan dan Padang Batung seluar 100 hektar. “Alhamdulillah hasil pengembangan demplot sangat maksimal, yang bisa menghasilkan padi sehat sehingga berasnya baik untuk dikonsumsi masyarakat, ” ujarnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait