Tak terima Korupsi sepeser Pun, mantan Kadis tetap ‘dimejahijaukan’

  • Whatsapp
Armein Ramdhani SH MH

Kotabaru, kalselpos.com – Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Kotabaru, Armein Ramdhani SH MH, membeberkan kronologi singkat ditetapkannya mantan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Pedagangan (Diskoperindag) setempat berinisial MH sebagai terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Pasar Tegalrejo, yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Senin (4/1/2021) lalu.
MH sendiri ditetapkan sebagai terdakwa, proyek pembangunan pasar di Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir senilai Rp5,2 miliar yang berasal dari dana APBN tahun 2017 Kementerian Perdagangan, usai ditunjuk selaku KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) merangkap PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) di dinas yang dipimpinnya kala itu.
Selaku PPK pada proyek pasar tersebut, MH tidak melaksanakan tugas dan wewenangnya sebagaimana mestinya. Termasuk sebelum pencairan, di mana PPK seharusnya melakukan pengecekan terhadap pembangunan, sudah sesuai atau belum.
“Meski saudara MH tidak ada menerima dana sepeser pun, namun salahnya, dia lalai dan tidak cakap, sekaligus terindikasi memperkaya orang lain, ” jelas Armein.
Dalam penunjukan itu dijelaskan, sebagai PPK, MH juga ditugaskan melakukan pemeriksaan bangunan, termasuk pembuatan HPS. Namun wewenang tugas sebagai PPK tidak dilaksanakan. “Tugas PPK sebelum pencairan harus mengecek juga pembangunan sudah baik apa benar. Sudah sesuaikah isiannya di sini tidak dilaksanakannya,” lanjutnya.
Sementara, sambung Armein Ramdhani, di sidang kedua kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Pasar Tegelrejo yang melibatkan MH hingga harus ‘dimejahijaukan’ alias disidangkan di Pengadilan Tipikor, Senin (4/1/2021) lalu, itu beragendakan pemeriksaan saksi ahli dari LKPP dan BPKP. Selain pemeriksaan Direktur PT MIA sekaligus pemilik perusahaan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Bacaan Lainnya

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

[]penulis : ardiansyah
[]editor : s.a lingga