Jusuf Kalla: Buka Masjid dulu, Baru Tempat Lain

Ilustrasi aktivitas masyarakat di salah satu masjid yang ada di Kota Banjarmasin (net)

NASIONAL, Kalselpos.com – Wacana Pemerintah Pusat untuk membuka atau mengizinkannya aktivitas di beberapa tempat terutama dari sektor bisnis seperti mall ternyata mengundang kritikan dari berbagai lapisan masyarakat. Salah satunya datang dari Dewan Masjid Indonesia (DMII).

 

Bacaan Lainnya

 

Ketua Umum DMII, Jusuf Kalla (JK) mengatakan, sebaiknya pemerintah lebih mengutamakan untuk membuka tempat ibadah, khususnya masjid terlebih dahulu, ketimbang pusat perbelanjaan.

“Kenapa masjid dulu? Karena disana merupakan roh dari suatu negara, roh keagamaan kita mesti berdoa, ” ucap mantan Wakil Presiden RI itu di Jakarta, Rabu (3/6/2020).

 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

 

Menurutnya, yang paling siap dalam menghadapi normal baru adalah rumah ibadah, dan yang paling mudah dilakukan pengawasan dan tidak rumit dalam pelaksanaan protokol kesehatannya. “Setelah masjid dan tempat ibadah lain dibuka, baru nanti kantor dan mal bisa buka,” sambungnya.

Alasan pertama yang melatar belakangi usulan dari Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu adalah lantaran perbedaan kondisi pasar atau mall yang dianggapnya sulit untuk dilakukan pengawasan.

“Karena itulah maka yang paling aman dalam situasi ini justru di rumah ibadah. Berbeda dengan di pasar atau mal anda mungkin tidak bisa jaga jarak dengan betul,” imbuhnya.

Kedua, aktivitas di rumah ibadah juga di anggapnya tidak memakan waktu yang lama. Sehingga kondisi tersebut bisa meminimalisir tingkat paparan Covid-19.

Ia membeberkan, bahwa akan ada 3.000 masjid yang siap dibuka seiring mulai membaiknya angka kasus di 121 daerah di Indonesia. “Setelah kita pelajari, protokol kesehatan yang paling ketat itu dapat dilaksanakan justru di rumah ibadah, seperti masjid, gereja dan sebagainya,” pungkas JK.

Sumber : Net
Editor : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait