Pemko Banjarmasin kebut sejumlah proyek prioritas

Teks foto : Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Seiring telah dilakukan pelunasan pembayaran utang ke pihak ketiga, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin untuk menjalankan proyek yang sempat tertunda di tahun 2024 ini.

Terutama pada sejumlah proyek yang sifatnya prioritas di tahun ini agar segeranya bisa dituntaskan.

Bacaan Lainnya

Mengenai itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah mengungkapkan pihaknya sudah melelang sejumlah proyek prioritas di tahun ini.

Mulai dari melanjutkan pembenahan trotoar, akses jalan titian hingga pembangunan jembatan.

“Semuanya sudah berproses di LPSE,” ucap Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah.

Suri meyakini sejumlah program prioritas itu bisa diselesaikan tahun ini. Diantaranya pembenahan akses jalan titian di kawasan Pulau Bromo.

Rencananya titian yang awalnya bermaterial kayu Ulin itu akan di cor beton dan diberi pagar dari sisi kiri dan kanan titian. Selain itu, akan dipasang Penerangan Jalan Umum (PJU).
“Di pertengahan bulan ini (Juli), insyaallah sudah berkontrak. Biaya yang digelontorkan Rp 1,1 miliar,” katanya.

Kemudian, lanjutan pembenahan trotoar berikut drainase di sejumlah wilayah. Salah satunya, di kawasan Jalan Lambung Mangkurat.

“Kecuali untuk proyek pembangunan jembatan, itu dilakukan bertahap,” bebernya.

Seperti pembangunan Jembatan Sungai Andai-Cemara Ujung. Tahun ini, yang pertama dilakukan adalah pembebasan lahan, pembangunan jalan pendekat hingga sebagian struktur utama.

“Selanjutnya, dianggarkan lagi di tahun depan,” janjinya.
Lebih jauh, ia menerangkan, sejumlah program prioritas yang disebutkan tadi sudah sesuai dengan arahan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

“Untuk proyek pembangunan Jembatan Sungai Lulut-Sungai Jingah dan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa pun juga berproses. Tapi, sementara ini persiapan untuk pengadaan lahan,” pungkasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait