UPT Puskesmas Lampihong bikin Inovasi Paman Bantu Anita untuk pantau Pertumbuhan Balita

Teks foto Kegiatan inovasi PAMAN BANTU ANITA oleh UPT Puskesmas Lampihong. (ist)(kalselpos.com)

Paringin, kalselpos.com– Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Lampihong Kecamatan Lampihong membuat sebuah inovasi pada tahun 2022 lalu yaitu PAMAN BANTU ANITA (Pemantauan Pertumbuhan Balita dalam Bentuk Catatan Gizi Balita).

Inovator, Raudatuljanah, menjelaskan, awal mula terbentuknya inovasi ini karena beberapa faktor yang menjadi masalah di lapangan terutama dalam kegiatan pemantauan pertumbuhan di posyandu wilayah kerja Puskesmas Lampihong yang kurang optimal.

Bacaan Lainnya

“Hal ini dikarenakan sering terjadinya kesalahan dalam pengukuran oleh tidak adanya kartu kontrol hasil pengukuran antropometri, sehingga muncul ide untuk membuat Inovasi PAMAN BANTU ANITA,” ungkapnya.

Lebih lanjut menurutnya, mekanisme inovasi ini yaitu dari mencetak buku catatan kemudian membagikannya ke setiap posyandu di wilayah kerja Puskesmas Lampihong dengan memberikan arahan kepada kader tentang penulisan data pada buku catatan, memantau pertumbuhan balita setiap bulan pada buku catatan balita.

“Tujuan dari inovasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan di Posyandu wilayah kerja UPTD Lampihong dan juga sebagai buku kontrol agar mempermudah kader melihat hasil antropometri di bulan sebelumnya,” pungkasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait