Menyedihkan, SDN 10 Teluk Dalam Banjarmasin tak dapatkan siswa Baru

Teks foto : Ruangan kelas 1 SDN 10 Teluk Dalam Banjarmasin tampak kosong.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Teluk Dalam 10, Kota Banjarmasin tidak mendapatkan peserta didik baru tahun ajaran 2024-2025.

Terpantau, Selasa (09/07/24) pagi. Nampak rungan kelas 1 hanya tersusun kursi dan meja kosong.

Bacaan Lainnya

Guru SDN Teluk Dalam 10 Banjarmasin, Ilham Nor Cahyo menyampaikan, untuk tahun ini tidak mendapatkan peserta didik baru.

“Kurangnya minat anak didik baru ini bukan persoalan baru,” ujar Ilham Nor Cahyo, kepada wartawan Kalselpos.com.

Ia juga mengatakan, bahwa tahun lalu sekolah juga hanya menerima 7 siswa baru. Sekolah mengklaim tidak adanya siswa baru ini dampak karena minimnya jumlah penduduk.

“Pihak sekolah sendiri sudah mengusulkan untuk dilakukan penggabungan, dengan SDN Teluk Dalam 9 yang saat ini prosesnya masuk tahap pendataan aset,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi mengakui, bahwa SDN 10 Teluk Dalam itu mengalami kekosongan peserta didik baru.

“Sudah sejak dua tahun terakhir ini tidak ada peserta didik baru di sekolah tersebut,” kata Nuryadi.

Karena itu, pihaknya berencana melakukan regrouping SDN 10 Teluk Dalam. Namun masih terkendala dengan adanya guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Mereka tidak boleh dipindah tugaskan. Ini yang akan menjadi masalah kami dalam penyusunan rencana regrouping tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalsel dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), untuk proses pemindahan para guru PPPK. Karena sebelumnya, sesuai dengan perjanjian kerjanya mereka tidak boleh dipindah tugaskan.

“Mereka akan mengajar tapi masih menunggu balasan surat dari Kementerian,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait