Halikinnor Berharap Gerdayak Semakin Maju

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor bersama pejabat lainnya saat menghadiri HUT ke-14 Gerdayak Indonesia di aula rumah jabatan bupati, Sabtu (6/7/24). (Foto: Istimewa/Diskominfo Kotim) (kalselpos.com)

Sampit,kalselpos.com– Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor berharap organisasi Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) semakin maju agar bisa terus berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan masyarakat.

Harapan itu disampaikan Halikinnor saat perayaan HUT ke-14 Gerdayak Indonesia dan mengikuti rapat pimpinan nasional (Rapimnas) tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di aula rumah jabatan bupati, Sabtu (6/7/24).

Bacaan Lainnya

“Gerdayak Indonesia sebagai organisasi yang mengakar pada kearifan lokal Dayak, telah menunjukkan peran penting dalam membela kepentingan masyarakat Dayak dan menjaga nilai-nilai budaya serta tradisi yang luhur,” kata Halikinnor.

Halikinnor menilai keberadaan Gerdayak mempunyai peran penting di tengah masyarakat. Oleh karena itu dia menyampaikan sejumlah pesan kepada seluruh anggota organisasi ini.

Gerdayak diminta meneruskan perjuangan, melanjutkan perjuangan membela utus dengan segala kemampuan dan berdasarkan kearifan lokal yang dimiliki.

Pelihara semangat gotong royong dan solidaritas, baik di antara anggota Gerdayak maupun dengan organisasi lain serta masyarakat di Kalimantan Tengah ini.

“Jaga persatuan dan kesatuan di bawah bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Halikinnor.

Gerdayak juga diminta memberikan rasa aman dan damai kepada masyarakat, baik Dayak maupun non-Dayak, serta menunjukkan bahwa Gerdayak adalah organisasi yang inklusif dan tidak mendominasi.

Gerdayak juga diminta mendukung pembangunan ibu kota negara, sesuai dengan tema “Dengan semangat huma betang, Gerdayak Indonesia berkomitmen turut sukseskan pembangunan ibu kota negara nusantara,” jadikan gerdayak sebagai pemersatu di semua kalangan tanpa memandang asal-usul masyarakat.

Halikinnor juga mengucapkan selamat atas terbentuknya DPK Gerdayak Indonesia di 13 kabupaten dan 1 kota, serta DPP di beberapa provinsi lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Gerdayak Indonesia semakin besar dan dapat berkembang di berbagai wilayah dengan semboyan “Di mana Bumi Dipijak, di Situ Langit Dijunjung.”

Gerdayak Indonesia yang kini telah berusia 14 tahun, telah menghadapi berbagai rintangan dan tantangan. Namun, semua patut berbangga karena Gerdayak telah menjadi mitra pemerintah dalam berbagai bidang pembangunan, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya berharap Gerdayak Indonesia dapat terus menjaga sinergitas dengan pemerintah daerah di wilayah masing-masing dan nuansa damai di tanah Kalimantan/Borneo, mempererat tali persaudaraan, serta melestarikan norma, nilai, moral, etika, dan budaya Dayak,” pungkas Halikinnor.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait