Hery Paparkan Materi Pengelolaan Informasi Publik Batola di Uniska

Ket foto : Kadis Kominfo Batola, Hery Sasmita, S.STP., M.AP saat menjadi narasumber pengelolaan komunikasi di UNISKA Banjarmasin.(ist) (kalselpos.com)

Marabahan, kalselpos.com– Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, Hery Sasmita, S.STP., M.AP diundang Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari di Banjarmasin sebagai narasumber terkait Pengelolaan Komunikasi, Kamis (2/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Hery paparkan materi Pengelolaan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Batola.

Bacaan Lainnya

Alumnus Sekolah Tinggi Pemerintah Dalam Negeri (STPDN) itu sebutkan pentingnya komunikasi publik bagi pemerintah juga bertujuan membangun kepercayaan publik melalui informasi yang berkualitas.

“Komunikasi publik sangat penting, karena dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan, membentuk citra positif pemerintah, meminimalisir miskomunikasi dan mendukung pembangunan berkelanjutan melalui aspirasi masyarakat dan saluran informasi berkualitas,” paparnya.

Hery sampaikan pengelolaan komunikasi Pemda Batola terbagi menjadi dua ruang lingkup, yakni meliputi komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah.

Komunikasi satu arah berupa tabloid Batola Membangun, berita advertorial, videotron, baliho, spanduk, dan leaflet.

Sedangkan komunikasi dua arah meliputi Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID), Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N Lapor), Media Sosial, Radio dan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM).

Di hadapan para mahasiswa, Hery juga menyampaikan tujuan pelaksanaan komunikasi publik juga bagian dari upaya mengklarifikasi informasi yang berkembang di masyarakat, termasuk Hoax yang sering beredar.

“Utamanya komunikasi publik adalah turut membantu pemerintah mensosialisasikan kebijakan baru maupun program kampanye pemerintah kepada khalayak luas,” ujarnya.

Kuliah umum yang dipandu oleh moderator dosen pengampu komunikasi publik Junaidy, S.Sos., M.I.Kom., M.AB dan Keynote speaker Dekan Fisip UNISKA MAB Dr. Hj. Dewi Merdayanty, S.Sos., S.Pd., M.AP berlangsung sukses membangkitkan pertanyaan oleh sejumlah mahasiswa.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait