Bupati Kotim Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 162 Kades

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor menyerahkan secara simbolis surat keputusan kepada salah seorang Kades dari 162 Kades yang dikukuhkan perpanjangan masa jabatannya, Jumat (5/7/24). (Foto: Istimewa/Diskominfo Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengukuhkan perpanjangan masa jabatan 162 kepala desa (Kades) dalam upacara di halaman kantor bupati.

Halikinnor mengucapkan selamat kepada seluruh Kades yang dikukuhkan. Dia berharap dengan perpanjangan masa jabatan ini menambah juga semangat para Kades dalam bekerja dan mengabdi kepada masyarakat desa.

Bacaan Lainnya

“Saya lihat senyum-senyum kebahagian terlihat pagi ini dari wajah kepala desa yang dikukuhkan, karena perpanjangan masa jabatan ini adalah perjuangan kepala desa melalui Apdesi Nasional dan saat ini merupakan momen yang sangat dinantikan,” ujar Halikinnor, Jumat (5/7/2024).

Dijelaskan, pengukuhan perpanjangan masa jabatan Kades hari ini merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, yakni masa jabatan Kades berubah dari sebelumnya enam tahun menjadi delapan tahun dan masa jabatan kepala desa antar waktu bertambah dua tahun sesuai dengan sisa masa jabatan kepala desa yang digantikan.

Kades harus bersyukur dan berbangga karena di Indonesia ini tidak ada jabatan yang dapat diperpanjang, bahkan jabatan bupati saja tidak dapat diperpanjang langsung tanpa pemilihan. Hanya jabatan Kades saja yang dapat diperpanjang tanpa pemilihan.

Untuk itu para Kades diminta mempergunakan kekhususan ini untuk mengabdi kepada desa untuk kemajuan desa khususnya dan Kabupaten Kotim pada umumnya.

Sebelum pelaksanaan kegiatan ini Halikinnor mengaku menerima banyak pertanyaan kapan pelaksanaan pengukuhan perpanjangan masa jabatan Kades sejak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024.

Untuk mempercepat agar terlaksana kegiatan pengukuhan, dia memerintahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk konsultasi langsung ke Kementerian Dalam Negeri

“Karena perpanjangan masa jabatan melalui mekanisme perubahan keputusan bupati sehingga DPMD selaku SOPD yang menangani desa telah melakukan langkah dengan penuh kehati-hatian agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari,” ujar Halikinnor.

Bagi Kades dengan ada perpanjangan masa jabatan ini, maka ada tambahan waktu menuntaskan pembangunan.

“Tujuannya tentu mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa serta mewujudkan visi dan misi kepala desa secara khusus dan visi dan misi Kabupaten Kotawaringin Timur secara umum,” pungkas Halikinnor.

Sementara itu pelaksanaan pengukuhan perpanjangan masa jabatan 162 Kades berjalan lancar. Para Kades tampak bahagia dan bersemangat. Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat oleh bupati dan pejabat lainnya, serta ditutup dengan foto bersama.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait