ASN Kotim Sebelum Pensiun Dibekali Kemampuan Wirausaha

Teks foto: Sekda Kotim Fajrurrahman bersama pejabat lainnya saat pembukaan sosialisasi ketaspenan dan pelatihan kewirausahaan budi daya jamur tiram bagi ASN yang akan memasuki masa pensiun, Kamis (4/7/2024). (Foto : Istimewa/Prokopim Kotim) (kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)
menggelar sosialisasi ketaspenan dan pelatihan kewirausahaan budi daya jamur tiram bagi
Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memasuki purnatugas atau pensiun diberikan pelatihan kewirausahaan.

Pelatihan dilaksanakan di Aula BKPSDM Kotim bekerja sama dengan PT Taspen Persero Cabang Palangka Raya dan Bank Mandiri Taspen KCP Sampit, dibuka secara resmi oleh Sekda Kotim Fajrurrahman.

Bacaan Lainnya

Panitia menghadirkan narasumber berkompeten dengan harapan bisa memberikan pencerahan kepada seluruh peserta. Kegiatan ini pun disambut antusias oleh peserta karena dirasa sangat bermanfaat.

“Kegiatan pembekalan ini salah satu upaya kami agar pensiunan ASN bisa tetap semangat dan termotivasi untuk terus berkarya dan memiliki keterampilan ekonomi di luar pemerintahan,” kata Fajrurrahman, Kamis (4/7/2024).

Fajrurrahman menjelaskan, data dari otoritas jasa keuangan (OJK) menyebutkan bahwa sekitar 93 persen pekerja formal di Indonesia belum memiliki bayangan tentang bagaimana rencana setelah memasuki masa pensiun.

Selain itu, tujuh dari sepuluh pensiunan di Indonesia tetap harus bekerja untuk melanjutkan hidup. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan pihaknya untuk memberikan pembekalan bagi calon purnatugas ASN.

Pembekalan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para ASN untuk terus berkarya, mandiri dan sejahtera di masa purna tugas, serta memiliki kemampuan ekonomi di luar pemerintahan sehingga turut memajukan perekonomian di Kotim

“Khususnya melalui kegiatan ini kami memberikan wawasan administrasi kepegawaian kepada calon purnatugas ASN. Sekaligus, untuk membangkitkan semangat berwirausaha bagi mereka untuk menghadapi masa purnatugas,” pungkas Fajrurrahman.

Kepala BKPSDM Kotim Kamaruddin Makkalepu menyampaikan kegiatan pembekalan ini diikuti lebih dari 90 ASN yang akan memasuki masa purnatugas pada Agustus hingga Desember 2024.

Ini merupakan bagian dari tupoksi BKPSDM dan menjadi program rutin setiap tahun. Kegiatan ini difasilitasi oleh PT Taspen Persero dengan mendatangkan narasumber yang merupakan praktisi di bidang budidaya jamur tiram.

Tidak sekadar memberikan ilmu atau pembekalan, narasumber tersebut juga memberikan peluang bagi calon purnatugas ASN untuk bisa mengembangkan usaha budidaya jamur tiram dengan cara membantu pemasarannya.

“Ini memang program kami di BKPSDM, cuma materi yang disampaikan berbeda-beda. Untuk tahun ini kami memberikan pembekalan wirausaha budidaya jamur tiram. Selain itu, ada sosialisasi terkait administrasi ketaspenan,” pungkas Kamaruddin.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait