Bapenda Optimis Target Sektor PAP Bisa Tercapai

Teks foto Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalsel, Subhan Nor Yaumil SE, MSi.(ist) (kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalsel, Subhan Nor Yaumil SE, MSI mengaku optimis target pendapatan daerah di sektor Pajak Air Permukaan (PAP) di tahun 2024 bisa tercapai sekitar Rp 18,6 milyar, capaian tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dari hasil penerimaan di sektor yang sama di tahun 2023 lalu. Sejauh ini tim Bapenda melalui Unit Penerimaan Pajak Daerah (UPPD) Samsat se Kalsel telah melakukan pendataan sekaligus mendatangi setiap perusahaan yang memanfaatkan PAP tersebut baik pertambangan maupun perkebunan.

“Kolaborasi tim dilapangan terus dilakukan bersama Pemkab Kabupaten, ” katanya Rabu (26/6)

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan untuk realisasi pembagian penerimaan Kabupaten jauh lebih besar yakni 70%, sementara Provinsi kebagian sisanya 30%, melihat perbandingan diatas jelas ini menjadi pemicu sekaligus semangat agar mitra kerja di tingkat Kabupaten bisa bersinergi karena besarnya penerimaan akan diserahkan kepada daerah penghasil terlebih untuk Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru sebagai wilayah paling besar yang memanfaatkan PAP, selain itu tim pembina samsat se Kalsel terus meminta bekerja optimal mengejar potensi pendapatan daerah.

“Perusahaan terbanyak ada di Kotabaru dan Tanah Bumbu di sektor pertambangan serta perkebunan, ” tambahnya.

Lanjut pria ramah ini, jika melihat klausul pendataan dilapangan untuk 13 Kabupaten Kota perusahaan yang memanfaatkan PAP ini hanya 200 perusahaan saja meski sebelumnya sebelum pendataan terdaftar 400 perusahaan. Kami berharap para pengusaha maupun perusahaan bisa menjadi pelopor sadar wajib pajak karena semua penerimaan itu demi keberlanjutan pembangunan di banua.

“Perusahaan itu banyak yang tutup tidak beroperasi lagi sehingga kepastian data itu didapatkan hanya 50% saja lagi perusahaan aktif, ” tukasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait