Sidang Mahkamah Rakyat Luar Biasa Adili 9 Dosa Jokowi

Teks foto: Kelompok masyarakat sipil menggelar Mahkamah Rakyat Luar Biasa di Kampus Universitas Indonesia, Depok Jawa Barat, Selasa (25/6/24). (Foto: Istimewa)(kalselpos.com)

kalselpos.com – Sidang Mahkamah Rakyat Luar Biasa digelar untuk mengadili sembilan dosa Presiden Joko Widodo selama masa pemerintahannya atas kebijakan yang diduga merugikan rakyat.

 

Bacaan Lainnya

Dilansir dari berbagai sumber, Sidang Mahkamah Rakyat Luar Biasa ini digelar di Wisma Makara, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (25/6/2024) sebagai bentuk penunjukan rasa kekecewaan kelompok masyarakat sipil.

 

Permasalahan yang digugat dalam pengaduan konstitusional: Pembangkangan konstitusi oleh rezim Jokowi yang berdampak pada pelanggaran hak-hak konstitusional warga negara,” demikian dikutip dari dokumen gugatan Mahkamah Rakyat Luar Biasa.

 

Jokowo dimintai pertanggungjawaban atas 9 isu kebijakan yang merugikan hak-hak konstitusional rakyat terkait perampasan ruang hidup, persekusi, korupsi, militerisme dan militerisasi, komersialisasi pendidikan, kejahatan kemanusiaan dan impunitas, sistem kerja yang memiskinkan, serta pembajakan legislasi.

 

Gugatan lainnya terdiri dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta tindakan perlindungan terhadap koruptor, eksploitasi sumber daya alam dan program solusi palsu untuk krisis iklim, serta politik perburuhan yang memiskinkan dan menindas.

 

Panitia Mahkamah Rakyat Luar Biasa sebelumnya telah memanggil Jokowi melalui surat yang disampaikan secara langsung ke Kantor Sekretariat Negara dan secara daring ke media sosial milik pemerintah. Namun, Jokowi diketahui tidak memenuhi panggilan tersebut.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait