Bupati Kotim Dukung Pantarlih Jalankan Tugas Secara Optimal

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor berfoto bersama ratusan Pantarlih yang baru saja dilantik untuk bertugas mencocokan dan meneliti data pemilih Pilkada 2024, Senin (24/6/24). (Foto: Istimewa/Pemkab Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mendukung Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau Pantarlih menjalankan tugas secara optimal dalam pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

 

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Halikinnor saat menghadiri pelantikan dan apel serentak kesiapan Pantarlih Pilkada Serentak tahun 2024. Pelantikan dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim Muhammad Rifqi.

 

“Dengan telah dilantiknya pantarlih ini menunjukan bahwa mereka semua yang terpilih sebagai petugas untuk memutakhirkan data pemilih untuk Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Kotim telah dan harus siap melaksanakan tugasnya,” kata Halikinnor, Senin (24/6/2024).

 

Jumlah Pantarlih di Kotim ada 1.100 orang yang dilantik. Mereka akan bertugas menyebar ke-185 desa/kelurahan di 17 kecamatan dalam waktu satu bulan.

 

Pilkada akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia untuk memilih gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati dan atau wali kota dan wakil wali kota. Penguatan suara akan dilaksanakan tepatnya pada tanggal 27 Nopember 2024.

Pelaksanaan Pilkada merupakan sarana kedaulatan rakyat, yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Menurut Halikinnor, salah satu indikator utama keberhasilan pelaksanaan pemilihan baik Pemilu dan Pilkada serentak adalah tingkat partisipasi pemilih.

 

Saat pelaksanaan Pemilu Legislatif pada 14 Februari 2024, jumlah partisipasi pemilih telah meningkat dari Pemilu sebelumnya. Kesuksesan pencapaian target partisipasi pemilih ini diharapkan dapat terulang atau bahkan lebih tinggi pada pelaksanaan Pilkada 2024 nanti.

 

Selanjutnya, situasi yang aman dan kondusif, selama dan paska pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 tetap akan selalu terjaga. Untuk itu, semua pihak wajib mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 mulai dari tahapan pelaksanaan hingga pemungutan suara.

Pelaksanaan pencocokan dan penelitian yang akan dilaksanakan Pantarlih terhadap daftar pemilih yang telah disusun oleh KPU berdasarkan hasil sinkronisasi daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) dengan daftar pemilih tetap Pemilu terakhir, merupakan langkah awal untuk mendata pemilih di masing-masing TPS bagi setiap warga yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Pantarlih memiliki posisi strategis dalam menentukan kualitas pemilihan. Oleh karena itu, diharapkan Pantarlih bisa bekerja dengan baik dan benar karena hasil Coklit yang dilaksanakan oleh Pantarlih akan menjadi bahan penyusunan daftar pemilih yang komprehensif, akurat, valid, dan mutakhir.

Sebagai kepala daerah, Halikinnor mengingatkan kepada seluruh Pantarlih agar dapat melaksanakan tugas pendataan dengan sabaik-baiknya. Tugas mulia yang dilakukan itu sangat memengaruhi kualitas Pilkada ke depannya.

 

“Jika daftar pemilih yang disusun telah benar-banar valid dan mutakhir, serta penempatan pemilih di TPS tempatnya menggunakan hak pilihnya nanti pada saat hari pemungutan suara sudah sesuai dengan alamat tempat tinggalnya, maka saya yakin partisipiasi pemilih akan meningkat,” ujarnya.

Oleh karena itu, dalam menjalankan tugas untuk memutakhirkan data pemilih, diharapkan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, serta memberikan informasi data pemilih yang sebenar-benarnya dan sesuai dengan kondisi yang ditemukan saat melakukan pandataan

 

Harapannya, seluruh masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar semua dalam daftar pemilih tetap dan dapat menggunakan hak pilihnya.

 

“Pemerintah Kabupaten Kotawarinign Timur berharap sinergitas para stakeholder pemangku kepentingan Pilkada tahun 2024 dan tetap melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku, guna terciptanya Pilkada 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur yang aman, damai dan demokratis,” pungkas Halikinnor.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

 

 

 

 

 

 

Pos terkait