Pendaftar khitanan massal di Kotim sudah mencapai 905 Anak

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor berfoto dengan ratusan anak peserta khitanan massal di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Senin (24/6/24). (Foto: Kalsel Pos)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Kegiatan sosial khitanan massal yang digelar

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) disambut antusias masyarakat. Dari data pendaftaran secara online tercatat sudah ada 905 orang anak yang mendaftar.

Bacaan Lainnya

 

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, khitanan massal ini dilaksanakan di seluruh kecamatan secara bergantian. Kegiatan sengaja dilaksanakan saat libur sekolah agar banyak anak yang bisa ikut khitanan massal tersebut.

 

“Hari ini kita laksanakan di aula rumah jabatan khusus untuk Kecamatan Mentawa Baru. Jumlahnya ada 280 orang. Kemungkinan besar masih ada yang belum tahu,” kata Bupati Halikinnor, Senin (24/6/2024).

 

Halikinnor membuka khitanan massal didampingi Kepala Dinas Kesehatan Umar Kaderi dan Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Irfansyah. Anak-anak peserta khitanan massal dan orang tua mereka juga terlihat antusias.

 

Khitanan massal ini ditujukan untuk membantu para orang tua agar bisa mengkhitankan anak mereka secara gratis. Ini diharapkan membantu meringankan beban masyarakat karena jika melakukan khitan secara mandiri maka biayanya ratusan ribu bahkan Rp1 juta.

 

Khitan merupakan kewajiban bagi laki-laki Islam. Tidak heran jika khitanan massal gratis ini disambut antusias masyarakat di daerah ini.

 

“Bahkan yang nonmuslim ternyata juga ada ikut khitanan massal ini karena khitan juga penting untuk kesehatan lantaran ini menyangkut kebersihan,” ujar Halikinnor.

 

Kepala Dinas Kesehatan Umar Kaderi mengatakan, pendaftaran dibuka secara online untuk mempermudah masyarakat di seluruh kecamatan untuk mendaftarkan anak mereka menjadi peserta khitanan massal.

 

“Alhamdulillah disambut antusias. Hari ini di rujab bupati untuk Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Selasa besok dilanjutkan di Kuala Kuayan Kecamatan Mentaya Hulu dan seterusnya,” jelas Umar Kaderi.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait