Pemkab Kotim Berupaya Tingkatkan Insentif Guru Mengaji 

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor berfoto bersama saat pertemuan dengan guru mengaji, Senin (24/6/24). (Foto: Istimewa/Prokopim Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) secara bertahap terus berupaya meningkatkan insentif para guru mengaji.

 

Bacaan Lainnya

Keinginan itu disampaikan Bupati Kotim Halikinnor saat silaturahim dengan guru mengaji Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

 

Ada sekitar 270 orang yang hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di aula rumah jabatan bupati tersebut.

 

“Mudah-mudahan keuangan daerah kita terus membaik, kita berupaya meningkatkan insentif itu secara bertahap. Mohon doanya,” kata Halikinnor, Senin (24/6/2024).

 

Pemkab Kotim memberikan insentif sebesar Rp1,8 juta per tahun kepada setiap guru mengaji. Penerima bantuan tersebut adalah guru mengaji yang berstatus bukan Aparatur Sipil Negara atau non ASN.

 

Menurut Halikinnor, pemberian tersebut sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi pemerintah daerah atas tugas mulia para guru mengaji. Para guru mengaji dinilai turut membantu tugas pemerintah dalam hal pembinaan mental dan keagamaan, khususnya bagi umat Islam.

 

Guru mengaji membantu mengajari anak-anak membaca Al Qu’an di tengah kesibukan para orang tua yang tidak sempat mengajari anaknya. Para guru mengaji juga mengajari anak pada hal-hal positif dan mencegah perbuatan negatif seperti pergaulan bebas dan narkoba.

 

“Para guru mengaji di kampung-kampung berperan besar dalam membantu masyarakat kita, khususnya untuk belajar membaca Al Qur’an,” ujar Halikinnor.

 

Silaturahim dengan guru mengaji di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang merupakan wujud perhatian kepada para guru mengaji. Melalui pertemuan ini, Halikinnor juga ingin menyerap aspirasi para guru mengaji.

 

“Ini juga untuk menyerap aspirasi. Saya pernah mampir di mushala, saya lihat Al Qur’an-nya sudah tua. Ini juga untuk pembangunan mental keagamaan berkelanjutan,” pungkas Halikinnor.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait