Bupati Kotim Apresiasi Upaya Menggali Kreativitas Siswa 

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor memotong melepaskan balon menandai dibukanya Panen Karya P5 di SMAN 4 Sampit, Kamis (20/6/2024). (Foto: Kalsel Pos)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengapresiasi upaya Dinas Pendidikan dan pihak sekolah dalam menggali kreativitas siswa, khususnya melalui acara Panen Karya (P5) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pentas Seni.

 

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikannya saat membuka Panen Karya P5 di SMAN 4 Sampit. Dia sangat antusias dengan berbagai hasil karya yang ditampilkan atau disuguhkan oleh peserta didik di sekolah tersebut.

 

“Mulai dari seni budaya, kuliner maupun kerajinan yang ditampilkan sangat bagus. Ini juga bisa menjadi bekal bagi anak-anak kita menggeluti dunia usaha, sembari tetap bersekolah,” kata Halikinnor, Kamis (20/6/2024).

Menurutnya, Panen Karya P5 dan Pentas Seni merupakan bagian dari upaya kita semua dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila, sebuah konsep yang dirancang untuk membentuk karakter pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong-royong, dan berkebhinekaan global.

 

“Melalui kegiatan seperti ini, kita berharap dapat menanamkan nilai-nilai pancasila dalam diri para pelajar sejak dini, sehingga mereka tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa,” katanya.

 

Halikinnor juga sangat mengapresiasi para guru, tenaga pendidik, dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam mendampingi dan membimbing para siswa-siswi. Usaha dan dedikasi anda semua telah menghasilkan karya-karya yang luar biasa.

 

Karya-karya ini tidak hanya menunjukkan kreativitas dan inovasi, tetapi juga mencerminkan semangat kebersamaan dan gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa dan daerah ini.

Secara pribadi Halikinnor ingin mengapresiasi SMAN 4 Sampit yang merupakan salah satu Sekolah Penggerak angkatan II di Kabupaten Kotim.

 

Kegiatan ini merupakan hasil karya dari P5 yang selama satu tahun dilaksanakan. Tema kegiatan ini, “Bergerak Bersama Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” dinilai sangat relevan dengan tujuan untuk menciptakan pelajar yang unggul dan berkarakter.

Peserta didik merupakan generasi penerus yang akan membawa perubahan dan kemajuan bagi bangsa ini. Mereka perlu terus didukung untuk berkarya, belajar dengan tekun, dan jangan pernah berhenti untuk bermimpi.

 

“Jadikanlah nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam setiap langkah yang kalian ambil. Ingatlah bahwa setiap karya yang kalian hasilkan, sekecil apapun, adalah kontribusi yang berharga bagi kemajuan bangsa dan negara,” ujar Halikinnor memotivasi.

Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan karakter yang sesuai dengan semua dimensi profil pelajar Pancasila. Dengan karakter yang kuat dan berbudi pekerti luhur, siswa akan mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Halikinnor berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi semua untuk terus berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

 

 

 

 

 

Pos terkait