Penghijauan dan Penanaman Pohon Produktif di Desa Murung Panggang

Teks foto:  Penanaman pohon di Desa Murung Panggang. (pendim)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Masyarakat Desa Danau Panggang bersama TNI-AD melakukan penghijauan dan penanaman pohon produktif, sebagai antisipasi banjir dan tanah longsor.

 

Bacaan Lainnya

Koramil 1001-09 bekerjasama dengan masyarakat Desa Murung Panggang, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, melaksanakan kegiatan penghijauan dengan menanam (HSU) menanam pohon produktif. Kegiatan ini diinisiasi Koramil 1001-09 Amuntai sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi potensi banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut, Rabu (19/06/2024).

 

Berbagai jenis pohon ditanam dalam kegiatan tersebut. Jenis pohon dipilih untuk memberikan manfaat ekologis dan ekonomis yang optimal bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

 

Danramil 1001-09 Amuntai Selatan, Peltu Iwan Setia Bakti, memimpin langsung bersama Polsek Amuntai Selatan, Kepala Desa Murung Panggang, beserta perangkat desa, Ketua BPD, anggota militer Koramil 1001-09/Amuntai Selatan, Mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai dan masyarakat Desa Murung Panggang.

 

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar penanaman pohon, tetapi juga merupakan bentuk sinergi antara TNI dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan serta mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,” ujar Danramil 1001-09 Amuntai Selatan.

 

Peltu Iwan Setia Bakti menegaskan, bahwa dalam rangkaian program yang melibatkan seluruh Koramil jajaran TNI-AD, kegiatan serupa dilaksanakan Kodim jajaran TNI AD seluruh Indonesia. Hal ini sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc untuk menghadapi potensi bencana alam dan meningkatkan ketahanan lingkungan.

 

Pohon-pohon yang ditanam diharapkan tidak hanya menjadi penahan erosi tanah, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang, seperti peningkatan kualitas udara dan pengembangan ekosistem yang seimbang. “Semua pihak yang terlibat berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh nyata kolaborasi positif antara TNI AD dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan alam,” sampainya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait