Disdik diminta awasi pelaksanaan PPDB

Teks: Saut Nathan Samosir(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com– Masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tahun pembelajaran 2024 – 2025 segera dimulai pada sekitar bulan Juni hingga Juli 2024 mendatang, sehingga diharapkan bagi Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dapat mengawasi proses tersebut.

“Diharapkan tidak disalah gunakan, jadi Dinas Pendidikan dapat menyelenggarakan ini sesuai dengan aturan,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Saut Nathan Samosir, kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, berbagai sistem penerimaan siswa baru di terapkan di setiap sekolah baik dari tingkat SD SMP hingga SMA. Namun pelaksanaan itu sering menjadi satu tahapan krusial dalam dunia pendidikan.

“Dalam pelaksanaan PPDB terdapat sejumlah jalur masuk, di antaranya jalur zonasi, prestasi dan afirmasi, jadi ini yang jadi acuannya,” ungkapnya.

“Tujuannya jelas, supaya setiap peserta didik mendapat kesetaraan dan keadilan dalam akses pendidikan,” cecarnya.

Pihak Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin tegasnya, tentu akan ikut melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di setiap tingkatan, yang dilaksanakan secara daring ini.

“Sistem zonasi juga merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan kualitas pendidikan, agar calon peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata rata bisa menyebar dan tidak terkumpul dalam beberapa sekolah unggulan saja,” harap Saut.

Sehingga tekannya, panitia PPDB harus memberlakukan penerimaan peserta didik baru sesuai zona yang telah di tetapkan.

“Apabila ada panitia PPDB yang melakukan pelanggaran harus di berikan tindakan,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait