Bupati Balangan Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar

Teks foto Bupati Balangan, H. Abdul.hadi.menyampaikan.dambutnnya pada sholat eidul.Adha di Mesjid Agung Al. Albar Balangan.(kurnadi)(kalselpos.com)

Paringin,kalselpos.com – Bupati Balangan H Abdul Hadi mengikuti salat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Balangan Senin (17/6/2024).

 

Bacaan Lainnya

Ketua Masjid Al-Akbar Balangan, Habib Muhammad Assegaf memimpin pelaksanaan sholat hari raya Idul Adha 1445 H di Masjid Al-Akbar.

 

Dalam sambutannya, Bupati Balangan, H Abdul Hadi mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H kepada seluruh jemaah.

 

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin. Kita doakan semoga seluruh jemaah haji di seluruh dunia dapat melaksanakan rangkaian haji,”ujarnya

 

Abdul Hadi mengatakan para perayaan hari raya Idul Adha mengingatkan cerita tentang keteguhan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah SWT.

 

“Kemudian, digantikan dengan mengorbankan hewan ternak dan adalah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah untuk berbagi sesama saudara kita yang tidak mampu,” pungkasnya .

 

Sementara itu, Habib Muhammad Assegaf saat berkhotbah mengambil tema mencari ridho Allah yaitu menceritakan tentang ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT untuk mengorbankan putra tercintanya, Nabi Ismail.

 

Atas ketaatan Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah SWT, saat Nabi Ibrahim bersiap menyembelih Nabi Ismail, Allah SWT mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba besar yang sangat sehat.

 

Selain itu, Habib Muhammad Assegaf juga menceritakan tentang seorang pedagang hewan ternak yang tersentuh hatinya saat melihat seorang ibu dari keluarga miskin ketika ingin membeli kambing darinya.

 

Saat mengantarkan kambing tersebut ke rumahnya, sang pedagang melihat rumah dari si ibu yang sangat kumuh hingga tidak layak huni tanpa adanya satu perabotan di dalamnya.

 

Di dalam rumah tersebut ada seorang nenek yang merupakan orang tua dari ibu tersebut yang sedang berbaring sakit-sakitan.

 

“Si ibu membangunkan nenek dan memberitahunya bahwa ia telah membeli kambing untuk si nenek berkurban. Si nenek pun langsung menangis terharu dan mengatakan bahwa ia akhirnya dapat berkurban,” ujar Habib Muhammad.

 

Melihat keluarga tersebut, pedagang hewan ternak tergerak hatinya untuk memberikan kambing yang ingin dibeli si ibu secara gratis.

 

Habib Muhammad Assegaf berharap, kisah tersebut dapat menjadi panutan untuk para jemaah agar dapat berkurban dan berbagi kepada sesama saudara yang tidak mampu.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait