Bantu Korban Banjir di Tanbu, Aliansi BEM se-HSU Turun ke Jalan Galang Dana

Teks foto:  Mahasiswa dari Aliansi BEM Perguruan Tinggi di Kabupaten HSU turun ke jalan menggalang dana untuk korban banjir di Kabupaten Tanah Bumbu. (ist)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu memberikan dampak yang terasa bagi masyarakat yang secara terdampak langsung.

 

Bacaan Lainnya

Demi membantu masyarakat tersebut, para Mahasiswa (i) dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atas nama Aliansi BEM se-Kalimantan Selatan turun ke jalan melakukan penggalangan dana bagi korban banjir di Kabupaten Tanah Bumbu dan beberapa organisasi mahasiswa internal dari perguruan tinggi.

 

Presiden Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai M. Renaldi Arliansyah menjelaskan, banjir tersebut merendam 24 desa dengan 3.080 rumah dan 845 hektare lahan pertanian, berdasarkan data per tanggal 6 Juni 2024. Aksi penggalangan dana diadakan serentak se Kalimantan Selatan, terhitung dari 12 dan 13 Juni 2024.

 

“Adapun total dana yang didapat di wilayah HSU, yaitu Rp3.955.300. Dengan rincian pada shift pagi penggalangan dana didapat Rp2.648.300 dan Rp1.307.000 pada shift siang. Penggalangan dana ini diadakan di tiga titik lokasi, persimpangan atau simpang empat Paliwara, simpang empat Banua Lima dan simpang empat Sungai malang,” terangnya, Minggu (16/6).

 

Aksi di HSU dilakukan hanya selama satu hari, dikarenakan beberapa faktor, seperti terbentur dengan jadwal kuliah dan persiapan penggalangan dana yang belum maksimal, “Namun, meski begitu jumlah dana yang didapat diluar ekspektasi dan semoga bisa membantu perekonomian warga yang terdampak musibah banjir,” imbuhnya.

 

Ia menambahkan, penyaluran dana hasil penggalangan akan dikirim melalui transfer dan diserahkan langsung kepada koordinator pusat BEM se-Kalimantan Selatan, dari perguruan tinggi UIN Antasari Banjarmasin.

 

“Kami menerima bantuan dana berupa berupa uang, hal tersebut akan disesuaikan untuk kebutuhan korban banjir, terlebih juga ada beberapa dari daerah lain yang menyalurkan bantuan berupa barang,” tambah Renaldi.

 

Aksi gabungan ini, merupakan aksi penggalangan dana yang pertama diadakan oleh aliansi BEM se-HSU.

 

Disamping itu, Zaki Mubarak selaku Koordinator Wilayah 3 BEM Se-kalimantan Selatan juga menanggapi hal tersebut dengan sangat baik. Ia berharap, adanya kegiatan tersebut semua dapat bersinergi dan peka terhadap derita saudara-saudara di sekitar. “Kegiatan dirahmati Tuhan di sepanjang kegiatan, seluruh peserta aksi galang dana musibah banjir di Tanbu sama-sama turun ke jalan, tidak ada yang merasa lelah, semua bersemangat,” sampainya.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait