Mujiyat Dampingi Menteri Sosial gelar Baksos di Batola

Ket foto :  Pj Bupati Batola, Mujiyat saat dampingi Bakti Sosial oleh Mensos RI, Tri Rismaharini.(ist)(kalselpos.com)

Marabahan, kalselpos.com – Penjabat Bupati Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, Mujiyat dan Sekda Pemkab Batola Zulkipli Yadi Noor mendampingi Bakti Sosial (Baksos) oleh Menteri Sosial (Mensos RI), Tri Rismaharini pada Selasa -Rabu (11-12/6/2024)

 

Bacaan Lainnya

Baksos dari Menteri Sosial Risma di Batola dimulai dari Desa Sungai Pitung, Kecamatan Alalak.

 

Di lokasi desa tersebut banyak ditemui penderita kusta dan katarak yang belum ditangani. Selain itu juga masih ada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung kakinya.

 

Sebanyak 11 ODGJ ditemukan berada di Desa Sungai Pitung, dan dua orang dari desa lain. kesemuanya itu akan dibebaskan.

 

Adapun agenda Mensos RI beserta rombongan yang didampingi Pj. Bupati Batola juga meninjau kegiatan Baksos berupa operasi katarak gratis di RSUD Abdul Aziz Marabahan.

 

Hal demikian disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Sosial Batola, Muhammad Sya’rawi. “Kegiatan Baksos oleh Mensos ini meliputi penyandang disabilitas fisik dan mental, penderita kusta, ODGJ dan operasi katarak,” ujarnya.

 

Disampaikan Sya’rawi, Mensos beserta rombongan juga sempat singgah di halaman Kantor Bupati yang dihadiri para penyandang disabilitas fisik dan anak-anak Sekolah Luar Biasa (SLB).

 

Dalam kesempatan itu, Mensos, Risma mengungkapkan, kami datang kesini ingin melihat saudara -saudara kita yang terkena penyakit kusta, ternyata setelah scanning lengkap ada banyak juga yang disabilitas mental atau ODGJ.

 

“Hari ini ada 320 warga terkena katarak kita operasi” ungkap Risma.

 

Risma menyampaikan, orang sakit disabilitas mental atau ODGJ tidak boleh dipasung kakinya, mereka -mereka itu bisa diobati. Sekarang ini ada obat yang tiap bulan disuntik.

 

“Dulu minum obat setiap hari, sekarang tidak perlu lagi. Saya tau ini dari dokter Maramis menyampaikan ke saya,” sebut Risma.

 

Menurutnya, jika kakinya terus dipasung, nantinya kakinya akan menjadi mengecil, tentunya mengakibatkan kelumpuhan.

 

Dalam kesempatan itu, Mensos menandai pemasangan instalasi pengolah air bersih yang tersebar di empat Kecamatan, yaitu Kecamatan Alalak, Kecamatan Barambai, Kecamatan Bakumpai, dan Kecamatan Tabukan.

 

Dengan kedatangan Mensos ini, Pj Bupati Mujiyat berharap semoga

menggairahkan masyarakat Batola, terutama bagi orang berkebutuhan khusus, ODGJ, kusta, semua merasa terayomi.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait