Kemenpora gelar Kejuaraan Tarkam di Kotim

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor bersama pejabat dari Kemenpora dan pejabat lainnya memukul bola voli menandai dibukanya Kejuaraan Tarkam Kemenpora di Sampit, Jumat (14/6/2024) sore. (Foto: Kalselpos)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia menggelar Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi KalimantanTengah (Kotim). Acara dibuka oleh Bupati Kotim Halikinnor dan dihadiri utusan dari Kemenpora RI.

 

Bacaan Lainnya

Ketua Tim Tarkam Wilayah Bengkulu dan Banten, Junaidi menyampaikan Kejuaraan Tarkam merupakan program prioritas Kemenpora berdasarkan arahan langsung  Presiden RI Joko Widodo yang ingin agar pertandingan olahraga bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

 

“Kejuaraan Tarkam ini sebagai upaya kami dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif berolahraga demi mewujudkan Indonesia Bugar 2045 yang bertepatan dengan 100 tahun Indonesia Merdeka,” kata Junaidi di Sampit, Jumat (14/6/2024) sore.

 

Kemenpora ingin menggali bibit-bibit atlet potensial yang ada di kecamatan maupun kelurahan dan desa. Oleh sebab itu, pihaknya berharap seluruh atlet yang terlibat dalam kegiatan ini bisa menampilkan kemampuan terbaik dan tetap menjunjung tinggi sportivitas.

 

Tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakannya Kejuaraan Tarkam oleh Kemenpora. Pada 2023 lalu, Kemenpora menggelar Kejuaraan Tarkam di 32 titik di Indonesia, sedangkan tahun ini berdampak tiga kali lipat, yakni 100 titik.

 

Kemenpora memberikan kesempatan bagi kabupaten/kota se-Indonesia untuk mengajukan usulan, lalu usulan itu akan diproses. Berdasarkan pengamatan dan verifikasi administrasi, pihaknya menilai Kotim cukup layak untuk menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Tarkam.

 

“Dari segi sarana prasarana olahraga dan lainnya Kotim cukup bisa untuk melaksanakan Tarkam tahun ini. Kami berharap ke depannya masyarakat, khususnya di Kotim bisa lebih aktif berolahraga dan akhirnya mencapai tujuan masyarakat sehat dan bugar,” tandasnya.

 

Sementara itu Bupati Kotim Halikinnor menyampaikan terima kasih pada Kemenpora yang memilih Kotim sebagai penyelenggara Kejuaraan Tarkam. Kegiatan ini selain untuk prestasi lebih utamanya untuk memasyarakatkan olahraga supaya masyarakat semakin sehat.

 

“Perlu kerja keras kita semua dalam upaya meningkatkan kebugaran masyarakat khususnya di Kotim, salah satunya dengan adanya event Tarkam ini,” ucapnya.

 

Terpilihnya Kotim sebagai tuan rumah Tarkam 2024 di Kalteng sebagai percontohan bagi kabupaten lainnya diharapkan menjadi titik awal kebangkitan olahraga di Bumi Tambun Bungai tersebut, bukan hanya dalam hal prestasi tapi juga kebugaran masyarakat.

 

Pemkab Kotim terus berupaya meminta bantuan ke pemerintah pusat untuk membangun sarana prasarana olahraga, seperti kolam renang, renovasi stadion, dan lainnya.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait