Sekda HSU Sampaikan Tanggapan Terkait Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2023

Teks foto: Sekda HSU Adi Lesmana. (diskominfosandi) (kalselpos.com)

Amuntai,kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Sekda, Adi Lesmana memberikan tanggapan terhadap pandangan umum Fraksi DPRD.

Jawaban tersebut merupakan, penyampaian Jawaban Kepala Daerah Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023, Senin (06/07/2024) di ruang rapat, Paripurna DPRD HSU.

Bacaan Lainnya

Sekda HSU, Adi Lesmana mengungkapkan, beberapa faktor mengenai capaian kinerja keuangannya masih dibawah 50 persen bahkan 0 persen, diantaranya adalah kurangnya personalia dan sumber daya manusia untuk melaksanakan program dan kegiatan pada SKPD tersebut, keterbatasan kompetensi dan kemampuan teknis dalam melaksanakan sistem pengadaan barang dan jasa melalui metode elektronik, “Sehingga kita lebih memprioritaskan kegiatan yang bersifat strategis,” katanya.

Selain itu, Sekda juga menjawab pertanyaan Fraksi Dewan, terkait dengan besarnya SILPA tahun 2023, yakni sekitar Rp255 Miliar lebih.

Ini disebabkan karena adanya pelampauan pendapatan yang diperoleh pada tahun 2023. Adanya penghematan belanja dari program dan kegiatan yang indikator hasilnya telah tercapai 100 persen. “Besarnya SILPA tahun 2023 ini telah mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun 2022 lalu,” imbuhnya.

Terkait dengan pembayaran PJU dan penanganan masalah alur sungai di Kecamatan Babirik-Danau Panggang-Paminggir.

Menurut kepala daerah, pembayaran PJU sesuai pemakaian, maka upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan meterisasi terhadap PJU pada masing-masing ruas jalan.

Penanganan masalah tersumbatnya alur sungai di Kecamatan Babirik-Danau Panggang- Paminggir. Pemkab HSU akan menyiapkan patroli kapal motor untuk mengawasi alur sungai setiap saat yang didukung oleh beberapa orang petugas.

“Untuk ini diperlukan Anggaran operasional yang cukup,” jelasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait