Sanggar Tanaharum HSU Juara Tiga di Lomba Teater Tradisi Japin Carita

Teks foto:  Pemain Sanggar Tanaharum usai pentas pada lomba Japin Carita kategori umum yang diselenggarakan oleh UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan. (ist)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Sanggar perwakilan dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sukses menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Bacaan Lainnya

Sanggar Taharum HSU, namanya. Sanggar yang baru dibentuk, pada 27 Ramadan 1445 H/ 7 April 2024 tadi, berhasil keluar sebagai juara tiga di lomba teater Tradisi Japin Carita untuk kategori Umum yang digelar oleh UPTD Taman Budaya Kalsel pada, Rabu (05/6/2024) tadi.

 

Salah satu pengurus Sanggar Tanaharum HSU, Faisal, saat dikonfirmasi, mengatakan, lomba teater japin carita diikuti sebanyak sembilan tim dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Kalsel, seperti Sanggar Bahana Antasari, Kampoeng Seni Boedaja ULM, KS3B, Himasindo, Sanggar Seni, Dapur Teater, Teater KUKU, Garis Teater, dan Teater Perak, termasuk Sanggar Tanaharum HSU.

 

“Kami membawakan judul carita ‘Bacina Buta’ karya Faisal Refki. Ini adaptasi Kisdap Bacina Buta karya Ibu Hatmiati Masy’ud,” katanya, Selasa (11/6).

 

Karya ini berlatar belakang kehidupan rumah tangga. Begitu pula dengan cerita yang menjadi inspirasi oleh Sanggar Tanaharum HSU, “Memiliki pesan dalam Kisah Handap Bacina Buta tersebut ingin kami sampaikan dalam kesempatan ini, tentang bagaimana hidup berumah tangga,” jelasnya.

 

Pemain Sanggar Tanaharum HSU, merupakan kolaborasi dari pemain muda dan tua asal Kabupaten HSU sendir, pihaknya menggarap persiapan lomba kurang dari satu bulan. Meski baru dua kali tampil dan pertama kali ikut lomba, hasilnya turut membanggakan.

 

Faisal, mewakili seluruh anggota Sanggar Tanaharum, mengaku bersyukur dan senang, karena berhasil meraih juara tiga, pada gelaran Lomba Teater Tradisi Japin Carita yang diadakan oleh UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan 2024. Pihaknya menjadikan kemenangan sebagai motivasi untuk terus berkesenian dan mengenalkan juga melestarikan budaya daerah.

 

“Dukungan juga datang dari Bidang Kebudayaan, pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten HSU. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungannya,” sampainya.

 

Lanjutnya lagi, bahwa lomba ini bukan akhir dari perjalanan, setelah ini Sanggar Seni Tanaharum akan terus melaksanakan latihan rutin dan menciptakan generasi-generasi penerus tuk berkesenian, bukan hanya di Kabupaten HSU, tapi juga untuk Kalimantan Selatan.

 

Sementara, Kabid Kebudayaan, Hj Rahmawati turut menyampaikan, apresiasinya kepada Sanggar Tanaharum yang berhasil juara tiga di lomba Japin Carita. “Selamat dan sukses untuk sanggar Tanaharum yang kemarin, mengikuti lomba. Alhamdulillah meraih juara 3,” ucapnya.

 

Dirinya berharap, melalui prestasi tersebut akan menumbuhkan semangat bagi pegiat kesenian HSU, khususnya bidang teater, agar dapat terus berkarya dan menampilkan pertunjukan terbaiknya di event-event selanjutnya. Terkhusus di HSU agar kesenian tersebut lestari di Banua.

 

“Semoga nantinya juga bisa bekerjasama dengan bidang kebudayaan untuk bisa mengisi kegiatan-kegiatan kesenian yang juga kami selenggarakan, untuk hiburan masyarakat HSU sekaligus sebagai upaya melestarikan kebudayaan,” tuntasnya.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait