Kubah Surgi Mufti masuk penilaian ADWI tahun 2024

Teks foto : Kubah Surgi Mufti, di Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Desa Wisata Kubah Surgi Mufti, di Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara, masuk 300 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

 

Bacaan Lainnya

Tempat wisata religi yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Muhibbin Surgi Mufti itu, telah berhasil masuk 300 besar dalam ADWI 2023 mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

 

Kabid Pariwisata di Disbudporapar Kota Banjarmasin, Emil Salim mengatakan, sebelum mendaftarkan ke ADWI 2024, pihaknya telah melakukan eksplorasi Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) yang dapat diunggulkan.

 

“Makanya salah satu yang kita angkat itu yakni wisata religi, yakni di kawasan Surgi Mufti,” ujar Emil Salim, belum lama tadi.

 

Pengembangan wisata telah dilakukan jajaranya sesuai konsep 3 A Plus 1 yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas serta accelery.

 

“Di aksi itu memang setiap tahun disitu ada kegiatan. Kemudian akses jalan kesana mudah, kemudian proses pembuatan gerbang dan ketersediaan homestay yang unik dan aman,”katanya.

 

” Dan terakhir yakni organisasi yang melibatkan masyarakat seperti Patriot Pariwisata, yang menjadi ujung tombak kami,”sambungnya.

 

Ia juga menjelaskan, dari 6.016 Desa Wisata seluruh Indonesia yang mendaftar, dan sudah masuk tahap kurasi 500 Besar dan 300 Besar. Kemudian nantinya dilanjutkan ke 100 Besar dan 50 Besar Desa Wisata Terbaik.

 

Dirinya pun berharap, kawasan Wisata Surgi Mufti bisa masuk 10 besar penilaian ADWI 2024 ini.

 

“Mudahan kita bisa masuk lagi ke 10 besar, seperti di kawasan Wisata Kubah Basirih,” harapnya.

 

Setelah mengumumkan 300 besar desa wisata dari seluruh provinsi di Indonesia, pihak ADWI 2024 akan mengumumkan 100 besar desa wisata ADWI 2024.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait