Jimmy Andin Sang Maestro Tutup Usia, Ini Kesan Para Tokoh Adat

Teks foto: Sekretaris DAD Kalteng Yulindra Dedy saat diwawancarai awak media usai memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Jimmy Andin. (Foto: Istimewa)

Palangka Raya, kalselpos.com – Nama besar dan pengaruhnya yang begitu besar untuk mengangkat seni dan budaya Kalimantan Tengah (Kalteng) membuat masyarakat merasa kehilangan ketika Jimmy O Andin S.Sn, M.Pd tutup usia pada Kamis, 30 Mei 2024.

 

Bacaan Lainnya

Dedikasinya sebagai Ketua Komunitas Seniman Kalteng dan Ketua Dewan Seni Kota Palangka Raya terhadap dunia seni dan budaya Kalteng terukir melalui karya dan ide-idenya untuk melestarikan kebudayaan Kalteng.

 

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Yulindra Dedy saat memberikan penghormatan terakhirnya.

 

“Dunia seni dan kebudayaan Kalteng pastinya sangat berduka dengan kepergian saudara kita Jimmy, karena beliau adalah sang maestro kesenian Kalteng” kesannya kepada awak media, Minggu, 02 Juni 2024.

 

Dedy juga menambahkan kecintaan almarhum (Jimmy. red) terhadap kebudayaan Kalteng dibuktikan dengan turut berpartisipasi di Festival Budaya Isen Mulang yang dilaksanakan menjelang hari-hari terakhirnya.

 

“Banyak warisan ilmu dan karya beliau yang ditinggalkan dan berguna

untuk terus dikembangkan dan dilestarikan oleh generasi penerus agar seni dan budaya Kalteng semakin dikenal dan diakui,” tutur Dedi.

 

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Cendiakawan Dayak Nasional Willy M Yosep mengungkapkan kalau almarhum Jimmy adalah salah satu putra terbaik yang pernah dimiliki Kalteng.

 

“Saudara Jimmy selain sebagai seniman yang sangat peduli dengan seni budaya Kalteng, almarhum juga adalah cendikiawan Dayak karena almarhum juga tercatat sebagai dosen di Universitas Palangka Raya,” ungkap Willy.

 

Diakuinya pada saat penghormatan terakhir begitu banyak orang-orang yang datang untuk mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan teakhirnya.

 

“Artinya almarhum adalah orang yang baik dan layak untuk dicatatkan sebagai maestro, serta konsisten dalam pengembangan dan pelestarian seni budaya Kalteng tentunya,” tutupnya.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait