Jalan Ambruk ke arah lubang Tambang, Satu kecamatan di Tapin jadi Terisolir

JALAN AMBRUK - Seorang warga memotret jalan ambruk di sekitar tambang batu bara di Desa Bitahan Baru, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (6/6/2024) siang.(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com

Ruas jalan di Desa Bitahan Baru, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan ambruk ke arah lubang tambang batubara, hingga mengakibatkan wilayah Kecamatan Piani jadi terisolasi.

Bacaan Lainnya

 

Tokoh masyarakat setempat, Karliansyah mengatakan, jalan di pinggir galian tambang ini ambruk sekitar pukul 17:00 sesaat setelah hujan reda mengguyur wilayah setempat.

 

“Sekarang kita terisolir Baramban, Miawa, Pipitak Jaya, Batu Ampar, Buniin Jaya, Harakit, Balawaian dan Batung,” ujar Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Tapin ini di lokasi, Kamis (6/6/24) siang, sebagaimana dikutip dari Antara.

 

Karli menambahkan, sekitar sebulan lalu sebelum longsor sudah dilayangkan aduan kepada pihak perusahaan tambang terkait adanya retak di badan jalan yang membahayakan.

 

“Perusahaan lambat melakukan tindakan,” ujarnya.

 

Karli mengatakan jalan alternatif harus segera dibangun, agar mobilitas barang dan jasa Kecamatan Piani – Kabupaten Tapin tak lumpuh.

 

“Jalan alternatif harus selesai 1×24 jam. Kasihan masyarakat,” ungkapnya.

 

Dituturkan Karli, akibat jalan ambruk ini jua melumpuhkan aliran listrik ke Kecamatan Piani.

 

“Listrik lumpuh total, karena tiang listrik rusak,” ungkapnya.

 

Dari pantauan, jalan aspal sekitar 60 meter ini terputus dan ambruk ke lingkungan tambang batubara yang dikerjakan anak perusahaan Hasnur Group.

 

Jarak antara jalan dan lubang tambang tersebut hanya berkisar se-lemparan batu atau sekitar 10 meter.

 

Ambruk jalan ini juga mengakibatkan instalasi listrik rusak. Satu tiang nyaris ikut ambruk ke arah lubang tambang tersebut.

 

Diketahui, jalan kabupaten ini merupakan ruas strategis provinsi Kalimantan Selatan karena akses menuju proyek strategis nasional yakni Bendungan Tapin yang diresmikan Joko Widodo pada 2021 lalu.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait