Pj Bupati Tabalong Pimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila dan Harkitnas ke-116

Teks foto Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah saat upacara peringatan hari lahir Pancasila dan hari kebangkitan Nasional ke-116 tingkat Kabupaten Tabalong di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Senin (03/6).(ist)(kalselpos.com)

Tanjung, kalselpos.com – Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini ditandai masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui beragam media.

“Ini harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara” ucap Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah saat upacara peringatan hari lahir Pancasila dan hari kebangkitan Nasional ke-116 tingkat Kabupaten Tabalong di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Senin (03/6).

Bacaan Lainnya

Ia mengajak untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Hamida menjelaskan berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih seabad lalu, kini semua menghadapi beragam tantangan dan peluang baru, kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

“Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Di zaman ini dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” jelasnya.

Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis.

Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Dalam upacara kali ini turut diikuti jajaran Forkopimda, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal, perusahaan, mahasiswa dan pelajar.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait