Raperda Transportasi juga membahas Angkutan Sungai

Teks : Hendra(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pada serangkaian proses pembahasan oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Banjarmasin, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan Transportasi, tidak luput membahas tentang keberadaan transportasi air atau sungai, yang menjadi salahsatu kebanggan kota berjuluk Seribu Sungai itu.

“Ada beberapa poin penting yang dibahas di antaranya angkutan sungai, tempat penyeberangan dan pelabuhan sungai,” ujar Anggota Komisi III DPRD Banjarmasin, Hendra, yang juga Wakil Ketua Pansus Raperda tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pembahasan terkait sungai itu bertujuan agar penataan transfortasi sungai ini saling berintegrasi dengan transfortasi darat. “Dan sekarang Pemko pun telah membuat shelter-shelter di beberapa titik,” ungkapnya.

Sehingga lanjutnya, pihak Pansus berkeinginan agar pengelolaan transportasi yang dimuat dalam ketentuan itu, dapat mengatur dan mengkoneksikan beberapa mode angkutan yang sudah ada agar saling dukung serta berkaitan.

“Dari shelter inilah nanti tidak hanya tergabung dengan angkutan umum seperti bus namun juga transportasi seperti perahu bermesin (kelotok),” bebernya.

Untuk pembahasan ketentuan ini katanya, ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. Tentunya disiapkan ratusan Pasal, agar semua tranportasi sungai dan darat ini bisa berintegrasi dengan baik.

“Mungkin sebanyak 200 pasal yang harus bahas dan mendetail, bahkan tidak hanya Dishub, Dinas lain juga harus membantu pembangunnya fasilitas lainnya,” katanya.

Pihaknya berharap, upaya mengintegrasikan tranportasi sungai dan darat ini memberikan dampak positif. Sehingga tidak hanya darat, tetapi angkutan sungai juga akan ramai.

“Angkutan sungai juga sangat menunjang wisata, karena banyak destinasi wisata yang berada di kawasan sungai,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait