Pj Bupati Berharap, Musrenbang RPJPD Memberikan Dampak ke Daerah Lebih Baik

Teks foto: Musrenbang RPJPD tahun 2025-2045 Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).(ist)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) telah dibahas.

Musrenbang RPJPD digelar di aula Kh Idham Chalid, Rabu (8/5/2024) lalu, dihadiri Penjabat (Pj) Bupati HSU, Ketua dan anggota DPRD, unsur Forkopimda, pejabat dilingkungan Pemkab HSU, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat serta tamu undangan.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati HSU Zakly Asswan, mengatakan, penting dan strategisnya pelaksanaan Musrenbang RPJPD sebagai dokumen perencanaan daerah untuk periode 20 tahun.

RPJPD merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang yang disusun dengan berpedoman pada RPJPN dan RTRW.

“Hal ini sebagaimana instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2024, Bupati bersama DPRD membahas RPJPD kabupaten tahun 2025-2045 yang selaras dan berpedoman pada RPJPN Tahun 2025-2045 dan RTRW kabupaten,” ucapnya

Pj Bupati menginginkan, melalui kegiatan ini segala upaya dalam memikirkan, membicarakan, membahas dan memadukan berbagai kebijakan pembangunan diharapkan dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dan signifikan serta lebih mensejahterakan masyarakat.

“Kita evaluasi bersama pembangunan yang telah kita laksanakan, itu sejauh mana, sehingga dapat mewujudkan visi dan misi yang kita emban, serta apa saja yang belum diwujudkan. Kita bekerja keras dan semaksimal mungkin mengimplementasikan harapan masyarakat demi terwujudnya visi dan misi banua kita tercinta,” harapnya.

Di kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan berita acara kesepakatan, dan disampaikan paparan materi oleh Sekda HSU Adi Lesmana, Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Kementerian PUPR, serta Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa Kementerian Pertanian.

Sementara, Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari mengungkapkan, forum musrenbang sebagai wadah dan sarana melakukan diskusi dan argumentasi rasional, dengan demikian akan menentukan dan memilih program kegiatan yang akan menjadi prioritas pembangunan daerah Kabupaten HSU untuk tahun 2025-2045 mendatang.

“Forum ini menjadi media yang bisa menghubungkan kepentingan masyarakat di daerah antara satu dengan yang lain. Antara masyarakat dengan pemerintah daerah, sehingga dapat menghasilkan kesepakatan untuk program dan kegiatan yang dibutuhkan, serta menjadi solusi atas persoalan yang terjadi di masyarakat,” tuturnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Bappedalitbang HSU Muhamamd Haridi, bahwa RPJPD merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk waktu 20 tahun, yang disusun dengan berpedoman pada RPJPN dan RTRW.

“Musrenbang RPJPD dilaksanakan untuk membahas Rancangan RPJPD Kabupaten HSU tahun 2025-2045 dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan
kesepakatan terhadap visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD,” pungkasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait