Tidak Mencukupi Kuota Perempuan, Penerimaan Panwascam Diperpanjang 

Teks foto:  Pokja rekrutmen anggota Panwascam di kantor Bawaslu HSU. (adiyat)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Penerimaan calon anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Hulu Sungai Utara, resmi diperpanjang.

 

Bacaan Lainnya

Keputusan tersebut disampaikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) HSU, yang terhitung sejak Rabu (8/5/2024).

 

Perpanjangan meliputi empat kecamatan, yakni kecamatan Paminggir, Danau Panggang, Babirik dan Sungai Tabukan.

 

Ketua Bawaslu HSU, Marfa’i membenarkan diperpanjang penerimaan calon anggota panwascam tersebut. Menurutnya dikarenakan masih belum terpenuhinya kuota 30 persen perempuan.

 

“Sehingga kami perpanjang, ya karena kebutuhannya perempuan, maka yang diterima pendaftar perempuan saja,” ujarnya.

 

Penerimaan dengan metode rekrutmen baru ini, merupakan kelanjutan dari metode evaluasi bagi panwascam existing sebelumnya. Dimana dari 27 peserta yang ikuti evaluasi, hanya 19 yang memenuhi syarat alias MS. Praktis ada 11 anggota panwascam yang harus dipenuhi dalam seleksi rekrutmen baru.

 

Ia menjelaskan, ada dua anggota panwascam sebelumnya yang mengundurkan diri karena lulus PPK, tetapi karena ada satu orang yang tidak ikut evaluasi, sehingga dipastikan ada tiga untuk rekrutmen baru

 

“Ditambah lagi delapan orang existing yang tidak memenuhi syarat atau TMS, jumlah totalnya menjadi 11 orang yang harus direkrut baru,” bebernya.

 

Nantinya, seluruh panwascam ini akan bertugas mengawasi setiap tahapan pemilihan kepala daerah serentak 27 November mendatang.

 

Sesuai jadwal pembentukan Panwascam, proses penerimaan berkas administrasi bagi pendaftar baru dibuka pada 5 hingga 7 Mei 2024 tadi. Namun pendaftaran diperpanjang karena belum memenuhi kebutuhan dimulai tanggal 9 sampai 11 Mei 2024.

 

“Persyaratannya masih sama dengan sebelumnya, hanya yang berbeda menerima khusus perempuan saja,” tegasnya.

 

Untuk lebih rinci terkait persyaratan, jadwal dan formulir pendaftaran calon anggota panwascam dapat mengakses medsos milik Bawaslu HSU atau langsung datang ke kantor.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait