Pj Bupati Zakly Asswan Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024 

Teks foto:  Peringatan Hari Otonomi Daerah di halaman Kantor Bupati HSU. (diskominfosandi)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII yang dilaksanakan Pemerintah daerah HSU dipimpin Pj Bupati HSU Zakly Asswan di halaman kantor Bupati HSU, Jumat (26/04/2024) lalu.

 

Bacaan Lainnya

Pj Bupati HSU Zakly Asswan di depan peserta upacara para ASN membacakan arahan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian. Tema hari otonomi daerah ke XXVIII dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan.

 

Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

 

“Perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat bagi semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah,” katanya .

 

Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Dirinya menjelaskan, dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintahan, menekankan kepada kekhasan daerah yang bersangkutan serta pemanfaatan potensi sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan.

 

“Pembagian urusan pemerintahan menjadi urusan pemerintahan konkuren atau urusan yang dapat dikelola bersama antara pusat, provinsi, dan kabupaten atau kota menuntut pemerintah daerah untuk mampu mengartikulasikan kepentingan masyarakat dan mengimplementasikan kepentingan tersebut ke tata kelola pemerintahan yang lebih partisipatif, transparan dan akuntabel serta responsif,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut Mendagri mengatakan, kementerian dalam negeri juga berkomitmen untuk memperkuat fungsinya dalam fasilitasi produk hukum daerah yang berfokus pada pembangunan ekonomi hijau untuk mencapai keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat secara holistik.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait